Analisis Instrumen Pembelajaran Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMPN 2 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022

Alwahid, Muhammad Syaifullah (2023) Analisis Instrumen Pembelajaran Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMPN 2 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAMMAD_SYAIFULLAH_ALWAHID_19086208_6515_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini keterbatasan pemahaman guru dalam menggunakan aplikasi ini melakukan analisis soal menjadi kendala untuk melakukan analisis butir soal secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui evaluasi analisis instrument pembelajaran kognitif mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berupa soal dan lembar jawaban soal siswa peserta ujian akhir semester 2 dengan bentuk pilihan ganda pada Ujian Akhir Sekolah (UAS) mata pelajaran PJOK kelas VIII SMPN 2 Padang tahun pelajaran 2021/2022. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal Ujian Akhir Semester Genap dan jawaban soal dari peserta didik/siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif ranah kognitif mencakup validitas, reabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor Hasil penelitian : Tingkat kualitas soal Ujian Akhir Semester mata pelajaran PJOK kelas VIII SMPN 2 Padang Tahun Ajaran 2021/2022 dilihat dari segi validitas termasuk soal yang kurang dari segi validitasnya karena 80% butir soal termasuk dalam katagori tidak valid sedangkan hanya 20% dinyatakan valid. Dari segi reliabilitas mempunyai r11 kecil dari 0,70 yaitu sebesar 0,020 sehingga soal tersebut memiliki reliabilitas yang tidak reliable. Dari segi daya pembeda termasuk kategori jelek. Dari segi tingkat kesukaran termasuk kategori mudah. Dari segi efektivitas pengecoh dalam kategori diterima. Secara keseluruhan yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh dikategorikan ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhairuddin, KhairuddinUNSPECIFIED
CorrectorSepriadi, SepriadiUNSPECIFIED
CorrectorFebrian, MarioUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS INSTRUMEN PEMBELAJARAN KOGNITIF
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:08
Last Modified: 15 Mar 2024 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50725

Actions (login required)

View Item View Item