Alwahid, Muhammad Syaifullah
(2023)
Analisis Instrumen Pembelajaran
Kognitif Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan Kelas VIII SMPN 2 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah dalam penelitian ini keterbatasan pemahaman guru dalam
menggunakan aplikasi ini melakukan analisis soal menjadi kendala untuk
melakukan analisis butir soal secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui evaluasi analisis instrument pembelajaran kognitif mata pelajaran
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.
Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
dan sampel dalam penelitian ini berupa soal dan lembar jawaban soal siswa
peserta ujian akhir semester 2 dengan bentuk pilihan ganda pada Ujian Akhir
Sekolah (UAS) mata pelajaran PJOK kelas VIII SMPN 2 Padang tahun pelajaran
2021/2022. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal Ujian
Akhir Semester Genap dan jawaban soal dari peserta didik/siswa. Analisis data
penelitian menggunakan analisis kuantitatif ranah kognitif mencakup validitas,
reabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor
Hasil penelitian : Tingkat kualitas soal Ujian Akhir Semester mata pelajaran
PJOK kelas VIII SMPN 2 Padang Tahun Ajaran 2021/2022 dilihat dari segi
validitas termasuk soal yang kurang dari segi validitasnya karena 80% butir soal
termasuk dalam katagori tidak valid sedangkan hanya 20% dinyatakan valid. Dari
segi reliabilitas mempunyai r11 kecil dari 0,70 yaitu sebesar 0,020 sehingga soal
tersebut memiliki reliabilitas yang tidak reliable. Dari segi daya pembeda
termasuk kategori jelek. Dari segi tingkat kesukaran termasuk kategori mudah.
Dari segi efektivitas pengecoh dalam kategori diterima. Secara keseluruhan yaitu
validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh
dikategorikan ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |