Pengembangan E-modul Matematika Berbasis 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Creativity) untuk Siswa Kelas VII SMP.

Wulandari, Sri (2024) Pengembangan E-modul Matematika Berbasis 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Creativity) untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_SRI_WULANDARI_19004030_300_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya kurangnya dukungan sumber belajar, metode yang digunakan kurang mendukung keaktifan siswa sehingga menghambat siswa untuk dapat berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, dan mengembangkan kreativitasnya, serta media yang digunakan belum mampu menunjang kegiatan pembelajaran sehingga siswa kesulitan memahami materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-modul Matematika Berbasis 4C untuk Siswa Kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp (preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase). Preliminary research terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Prototyping phase terdiri dari pembuatan dan pengembangan prototipe yang dievaluasi menggunakan Formative Evaluation Tessmer. Prototipe 1 dievaluasi melalui self evaluation dan expert review untuk melihat validitas produk. Evaluasi melalui expert review dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator materi dan 2 orang validator media. Prototipe 2 dievaluasi melalui one-to-one evaluation dengan melakukan uji coba kepada 3 orang siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda. Selanjutnya prototipe 3 dievaluasi melalui small group evaluation dengan melakukan uji coba kepada 15 orang siswa. Pada tahap small group evaluation dilakukan penilaian terhadap e-modul untuk melihat kepraktisan dari e-modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas e-modul dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata persentase tingkat kevalidan oleh ahli materi sebesar 98,33%, kevalidan oleh ahli media 1 sebesar 98,95% dan kevalidan oleh ahli media 2 sebesar 97,73%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 15 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 92,13% dengan kategori “sangat praktis”. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-modul Matematika Berbasis 4C yang dikembangkan telah valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PESERTA DIDIK, E-MODUL, MATEMATIKA, KETERAMPILAN 4C
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:37
Last Modified: 14 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50719

Actions (login required)

View Item View Item