Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas V SDN 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

Santos, Sarah Shenina Das (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing di Kelas V SDN 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_SARAH_SHENINA_DAS_SANTOS _19129062_73_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe Snowball Throwing kelas V SD Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik dikelas V SD Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten agam dengan jumlah 26 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 87,49% (baik) dan siklus II 98% (Sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 81,9% (baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,1% (baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 79,5 dan siklus II dengan rata-rata 92. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL COOPERATIVE LEARNING, PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:37
Last Modified: 14 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50718

Actions (login required)

View Item View Item