Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP.

Wahyudi, Rizki (2024) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_RIZKI_WAHYUDI_19004079_149_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia berbasis Android pada penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu masih kurangnya penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran IPA serta guru masih menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, LKS dan buku paket/buku cetak sehingga partisipasi dan pemahaman siswa dalam memahami materi menjadi rendah. Dalam penggunaan media pembelajaran, buku yang digunakan hanya menampilkan konsep-konsep dengan gambar yang sangat minim, serta buku tidak dapat memberikan umpan balik yang maksimal kepada siswa, dan sesekali guru menggunakan slide Power Point dengan LCD proyektor yang mana penggunaannya hanya untuk menampilkan materi yang memuat teks dan gambar saja, hal tersebut tidak membuat siswa berinteraksi langsung dengan media tersebut di mana siswa hanya sebagai pengamat dan pendengar saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta memproduksi multimedia interaktif berbasis Android pada materi sistem pernapasan manusia mata pelajaran IPA kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE. Model ADDIE memuat lima (5) tahapan pengembangan yakni analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Uji validitas pada penelitian melibatkan dua validator media dan satu validator materi. Validator media merupakan Dosen dari Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Sedang validator materi merupakan guru mata pelajaran IPA SMP Pertiwi 2 Padang. Uji praktikalitas produk melibatkan 26 siswa kelas VIII.2 SMP Pertiwi 2 Padang. Hasil penilaian multimedia interaktif berbasis Android oleh validator media 1 diperoleh hasil rata-rata “4,90” dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil penilaian validator 2 diperoleh hasil rata-rata “4,95” dengan kategori “Sangat Valid”. Dan hasil dari penilaian oleh validator materi dengan aspek isi dan tujuan, penyajian dan tes diperoleh hasil rata-rata “4,94” dengan kategori “Sangat Valid”. Pada hasil uji praktikalitas multimedia interaktif kepada siswa dengan aspek tampilan, materi dan evaluasi diperoleh hasil rata-rata “4,86” dengan kategori “Sangat Praktis”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis Android yang sudah diimplementasikan pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP membantu siswa memahami materi dalam proses belajar mengajar di kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, ANDROID, IPA.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:06
Last Modified: 14 Mar 2024 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50717

Actions (login required)

View Item View Item