Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Team Quiz Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Priska Andini (2023) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Team Quiz Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Priska_Andini_Putri_19004067_8747_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan model Cooperative Team Quiz terhadap aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Model Cooperative Team Quiz adalah sebuah model pembelajaran kelompok yang mengutamakan kerja sama dan interaksi antar anggota kelompok dalam menyelesaikan soal-soal tes bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas IV di SDN 31 Pasir Kandang dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Team Quiz, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk menguji aktivitas belajar siswa selama pembelajaran serta menggunakan soal tes untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik yang sesuai untuk menguji hipotesis penelitian seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Team Quiz berdampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan thitung > ttabel sehingga hipotesis “Diterima”. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan model ini menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih aktif, interaksi antar anggota kelompok yang lebih baik, lebih bertanggung jawab dan peningkatan signifikan dalam pencapaian hasil belajar bahasa Inggris dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:27
Last Modified: 14 Mar 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50713

Actions (login required)

View Item View Item