Putri, Priska Andini
(2023)
Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Team Quiz
Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris
Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh penggunaan model
Cooperative Team Quiz terhadap aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris pada
siswa kelas IV Sekolah Dasar. Model Cooperative Team Quiz adalah sebuah
model pembelajaran kelompok yang mengutamakan kerja sama dan interaksi
antar anggota kelompok dalam menyelesaikan soal-soal tes bahasa Inggris.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan
eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas IV di SDN 31 Pasir Kandang
dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas
kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Team Quiz,
sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data
dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk menguji aktivitas belajar
siswa selama pembelajaran serta menggunakan soal tes untuk melihat hasil
belajar siswa.
Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik yang sesuai untuk
menguji hipotesis penelitian seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative
Team Quiz berdampak positif terhadap aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris
siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan thitung > ttabel sehingga hipotesis “Diterima”.
Siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan model ini menunjukkan tingkat
partisipasi yang lebih aktif, interaksi antar anggota kelompok yang lebih baik,
lebih bertanggung jawab dan peningkatan signifikan dalam pencapaian hasil
belajar bahasa Inggris dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Actions (login required)
|
View Item |