Analisis Match Factor Alat Gali Muat dan Alat Angkut Pada Kegiatan Overburden Removal Menggunakan Match Factor dan Metode Antrian pada PT. Andalan Artha Primanusa Jobsite PT. Budi Gema Gempita, Provinsi Sumatera Selatan

Fikri, Rahmad (2024) Analisis Match Factor Alat Gali Muat dan Alat Angkut Pada Kegiatan Overburden Removal Menggunakan Match Factor dan Metode Antrian pada PT. Andalan Artha Primanusa Jobsite PT. Budi Gema Gempita, Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_11_RAHMAD_FIKRI_18137013_630_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Andalan Artha Primanusa (AAP) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi batubara. Pada bulan November 2022 PT. AAP menetapkan target produksi overburden (OB) sebesar 817.343 bcm/bulan, dengan ketercapaian aktual yaitu 453.000 bcm/bulan atau berkisar 55,4% dari target produksi yang direncanakan. Berdasarkan pengamatan di lapangan salah satu faktor yang dapat menghambat produksi yaitu ketidakserasian fleet (alat gali muat menunggu) dan waktu edar unit yang cukup tinggi, waktu edar ADT XCMG yaitu 13,5 menit, yang menyebabkan hasil kerja alat yang kurang optimal, serta adanya aspek lain seperti kondisi jalan hauling yang kurang baik sehingga operator harus mengurangi kecepatan yang menjadi salah satu penyebab tingginya waktu edar. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis produksi aktual unit, menganalisis nilai match factor fleet serta menganalisis ketercapaian produksi pada kegiatan overburden removal menggunakan teori antrian. Berdasarkan hasil analisis teori antrian jumlah ADT yang diperlukan sesuai dengan tingkat pelayanan excavator yaitu sebanyak 7 unit ADT untuk tiap fleet dan ketercapaian produksi overburden yaitu 322.513,6 bcm/bulan atau 39,4% dari target yang ditetaapkan. Karena setelah ditetapkan teori antrian target produksi masih belum tercapai, peneliti melakukan optimasi produksi dengan menggunakan cycle time dan nilai efisiensi kerja terbaik dari unit sehingga didapatkan produksi alat angkut menjadi 955.839,6 /bulan atau berkisar 116,94% dari target yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorBurhamidar, AuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: OVERBURDEN, MATCH FACTOR, TEORI ANTRIAN
Subjects: T Technology
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:52
Last Modified: 18 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50707

Actions (login required)

View Item View Item