Gambaran Kepercayaan Diri pada Siswa Perempuan dengan Latar Belakang Orang Tua Tunggal di SMA Negeri 9 Padang.

Chaniago, Nadia Filawaty (2024) Gambaran Kepercayaan Diri pada Siswa Perempuan dengan Latar Belakang Orang Tua Tunggal di SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_NADIA_FILAWATY_CHANIAGO_19006187_209_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya siswa perempuan dengan latar belakang orang tua tunggal yang masih belum memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya, sering menyendiri dan menutup diri. Kepercayaan diri adalah suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap kemampuan yang dimiliki dirinya sendiri dengan menerima secara apa adanya baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan kepercayaan diri berdasarkan aspek keyakinan akan kemampuan diri, (2) mendeskripsikan kepercayaan diri berdasarkan aspek optimis, (3) mendeskripsikan kepercayaan diri berdasarkan aspek objektif, (4) mendeskripsikan kepercayaan diri berdasarkan aspek bertanggung jawab, (5) mendeskripsikan kepercayaan diri berdasarkan aspek rasional. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel siswa perempuan kelas XI dan XII tahun ajaran 2023/2024 yang tinggal dengan orang tua tunggal sebanyak 34 orang siswa perempuan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner kepercayaan diri siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kepercayaan diri siswa perempuan dengan latar belakang orang tua tunggal di SMA Negeri 9 Padang secara umum berada pada kategori rendah (67,65%), yang terdiri dari: (1) aspek keyakinan akan kemampuan diri pada kategori rendah (76,47%), (2) aspek optimis pada kategori rendah (73,53%), (3) aspek objektif pada kategori rendah (61,76%), (4) aspek bertanggung jawab pada kategori sangat rendah (67,65%), (5) aspek rasional pada kategori rendah (58,82%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPERCAYAAN DIRI, SISWA PEREMPUAN, ORANG TUA TUNGGA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2024 06:51
Last Modified: 13 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50706

Actions (login required)

View Item View Item