Oktaviana, Nindi
(2023)
Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Imitasi
Pengguna Media Sosial Tiktok Siswa SMPN 1 Lembah Gumanti.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan siswa yang melakukan
perilaku meniru atau imitasi dari media sosial TikTok, kecenderungan
menggunakan seragam yang aturannya bertentangan dengan aturan di sekolah,
memakai aksesoris yang tidak di perlukan di sekolah, meniru gaya potongan
rambut yang tidak dibolehkan di sekolah, menggunakan kata-kata yang tidak
sopan dalam berkomunikasi dengan temannya, membawa HP dan memainkannya
ketika belajar dalam kelas. Kondisi ini menunjukkan permasalahan perilaku
imitasi siwa. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku imitasi adalah kontrol
diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kontrol diri
dengan perilaku imitasi pengguna media sosial TikTok siswa SMPN 1 Lembah
Gumanti.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif
korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 499 siswa
siswa dengan sampel sebanyak 223 siswa yang dipilih dengan menggunakan
teknik purposive random sampling. Pengumpulan data penelitian ini
menggunakan angket kontrol diri dan angket perilaku imitasi pengguna media
sosial TikTok. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk
menguji hubungan melalui program statistik SPSS for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa rata-rata skor capaian
kontrol diri siswa adalah (52,02%) pada kateori rendah dan rata-rata skor capaian
perilaku imitasi adalah (66,82%) pada kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa nilai hitung antara variabel kontrol diri dengan perilaku
imitasi sebesar -0,265 dengan taraf signifikansi 0,000 pada tingkat hubungan yang
lemah. Hubungan negatif signifikan artinya semakin tinggi tingkat kontrol diri
maka semakin rendah perilaku imitasi begitupun sebaliknya. Implikasi hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dalam memberikan
layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah terutama dalam layanan informasi,
layanan penguasaan konten, dan layanan bimbingan kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |