Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Imitasi Pengguna Media Sosial Tiktok Siswa SMPN 1 Lembah Gumanti

Oktaviana, Nindi (2023) Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Imitasi Pengguna Media Sosial Tiktok Siswa SMPN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Nindi_Oktaviana_19006025_8673_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan siswa yang melakukan perilaku meniru atau imitasi dari media sosial TikTok, kecenderungan menggunakan seragam yang aturannya bertentangan dengan aturan di sekolah, memakai aksesoris yang tidak di perlukan di sekolah, meniru gaya potongan rambut yang tidak dibolehkan di sekolah, menggunakan kata-kata yang tidak sopan dalam berkomunikasi dengan temannya, membawa HP dan memainkannya ketika belajar dalam kelas. Kondisi ini menunjukkan permasalahan perilaku imitasi siwa. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku imitasi adalah kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kontrol diri dengan perilaku imitasi pengguna media sosial TikTok siswa SMPN 1 Lembah Gumanti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 499 siswa siswa dengan sampel sebanyak 223 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket kontrol diri dan angket perilaku imitasi pengguna media sosial TikTok. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk menguji hubungan melalui program statistik SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa rata-rata skor capaian kontrol diri siswa adalah (52,02%) pada kateori rendah dan rata-rata skor capaian perilaku imitasi adalah (66,82%) pada kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai hitung antara variabel kontrol diri dengan perilaku imitasi sebesar -0,265 dengan taraf signifikansi 0,000 pada tingkat hubungan yang lemah. Hubungan negatif signifikan artinya semakin tinggi tingkat kontrol diri maka semakin rendah perilaku imitasi begitupun sebaliknya. Implikasi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pedoman dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah terutama dalam layanan informasi, layanan penguasaan konten, dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuri, Gusni DianUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:29
Last Modified: 13 Mar 2024 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50697

Actions (login required)

View Item View Item