Persepsi Mahasiswa terhadap Mata kuliah Teknik Pembentukan Plat dengan Latar Belakang Pendidikan SMA dan SMK pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin di Departemen Teknik Mesin FT UNP

Rozi, Fachrur (2024) Persepsi Mahasiswa terhadap Mata kuliah Teknik Pembentukan Plat dengan Latar Belakang Pendidikan SMA dan SMK pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin di Departemen Teknik Mesin FT UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_07_FACHRUR_ROZI_17067067_840_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar di perguruan tinggi pada dasarnya lebih banyak tergantung pada usaha mahasiswa dalam penyesuaian dirinya. Observasi yang dilaksanakan di Department Teknik Mesin FT UNP. Peneliti menemukan permasalahan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan dimana yang didasari oleh perbedaan latar belakang sekolah. Peneliti melihat bahwa mahasiswa yang berlatar belakang dari SMA membutuhkan waktu dalam memahami perkuliahan terutama di bidang Teknik Mesin akan tetapi mahasiswa yang berasal dari SMA lebih mudah memahami perkuliahan yang bersifat teori. Berbanding terbalik dengan mahasiswa lulusan SMK peneliti menemukan bahwa hal yang berkaitan dengan perkuliahan yang berisifat praktik mahasiswa lulusan SMK akan lebih mudah memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah yang menjadi faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bagi mahasiswa dengan perbedaan latar belakang pendidikan. Kajian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pada kajian ini sampel penelitian nya yaitu Mahasiswa Teknik Mesin FT UNP dengan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2019, 2020 dan 2021 berjumlah 150 mahasiswa. Hasil diperoleh pada penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan dalam memahami pembelajaran yang dinilai dari indicator pengetahuan awal, minat bakat, sarana prasarana, lingkungan belajar, dan kinerja dosen. Kesimpulan penelitian ini dilihat dari variabel persepsi didapatkan nilai persentase dari hasil data angket dengan sampel sebanyak 150 pada mahasiswa angkatan 2019,2020,dan 2021 diperoleh nilai tingkat capaian responden dengan kategori yang cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorErizion, NelviUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNIK PEMBENTUKAN PLAT
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:21
Last Modified: 13 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50685

Actions (login required)

View Item View Item