Evaluasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMKN 1 Dua Koto

Sulastri, Ayu (2023) Evaluasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMKN 1 Dua Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_09_ AYU_SULASTRI_659_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka, sebuah inovasi dalam dunia pendidikan, mengusung konsep persiapan siswa untuk dunia kerja dengan pendekatan kompetensi dan memberikan kebebasan dalam proses pembelajaran. Transformasi ini melibatkan restrukturisasi program keahlian, manajemen pendidikan, dan penerapan model pembelajaran abad ke-21. Tujuannya adalah menciptakan lulusan yang tidak hanya siap terjun ke dunia kerja, tetapi juga memiliki kreativitas dan adaptabilitas tinggi. Meskipun Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan K13, implementasinya di lapangan tidak lepas dari tantangan. Khususnya, tantangan muncul dalam hal kesiapan guru dan pemahaman siswa terhadap konsep baru ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Dua Koto, dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan Evaluation ModelContext, Input, Process, Product(CIPP), untuk mengidentifikasi kendala dan dampak yang muncul selama implementasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif di SMKN 1 Dua Koto. Meskipun demikian, beberapa area masih memerlukan perbaikan, terutama terkait penggunaan perangkat ajar, pelatihan guru, dan kurikulum operasional. Dengan demikian, saran untuk meningkatkan program mencakup peningkatan penggunaan perangkat ajar, optimalisasi kurikulum operasional, perbaikan fasilitas dan sarana, pemahaman guru tentang konsep P5, pengembangan buku ajar relevan, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Semua rekomendasi ini diharapkan dapat membantu SMKN 1 Dua Koto mengatasi kendala yang dihadapi dan terus meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan visi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, TRANSFORMASI PENDIDIKAN, IMPLEMENTASI KURIKULUM, EVALUASI KUALITATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Mar 2024 08:35
Last Modified: 07 Mar 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50676

Actions (login required)

View Item View Item