Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas V SD N 06 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung

Utami, Mardiyya Rosi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Team Quiz di Kelas V SD N 06 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MARDIYYA_ROSI_UTAMI_19129036_8568_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil belajar pesertadidik yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta di laksanakan dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V SD N 06 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung dengan jumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: 1) perencanaan pembelajaran yaitu rata-rata perolehan siklus I adalah 80,55% (B) dan meningkat pada siklus II 94,44% (SB). 2) pada pelaksanaan aspek guru, rata-rata perolehan siklus 1 adalah 86,36% (B) dan meningkat pada siklus II 97,72% (SB), 3) pada pelaksanaan aspek peserta didik rata- rata perolehan siklus 1 adalah 81,81% (B) dan meningkat pada siklus II 95,45% (SB). 4)Hasil belajar peserta didik rata-rata perolehan siklus I adalah 70,9% (C) dan meningkat pada siklus II 93,63% (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:05
Last Modified: 07 Mar 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50663

Actions (login required)

View Item View Item