Utami, Mardiyya Rosi
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
pada Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Team Quiz di Kelas V
SD N 06 Surabayo Kecamatan Lubuk
Basung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi hasil belajar pesertadidik yang rendah
dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, peserta didik kurang aktif
dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan
pembelajaran aktif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Team Quiz.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta di laksanakan dua siklus. Prosedur
penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data
penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan
pada tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas
V SD N 06 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung dengan jumlah 26 orang.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: 1) perencanaan
pembelajaran yaitu rata-rata perolehan siklus I adalah 80,55% (B) dan meningkat
pada siklus II 94,44% (SB). 2) pada pelaksanaan aspek guru, rata-rata perolehan
siklus 1 adalah 86,36% (B) dan meningkat pada siklus II 97,72% (SB), 3) pada
pelaksanaan aspek peserta didik rata- rata perolehan siklus 1 adalah 81,81% (B)
dan meningkat pada siklus II 95,45% (SB). 4)Hasil belajar peserta didik rata-rata
perolehan siklus I adalah 70,9% (C) dan meningkat pada siklus II 93,63% (SB).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan
model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |