Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Bukittinggi

Ati, Murni (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MURNI_ATI_19129137_8446_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru serta kurang optimalnya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaraan menggunakan model yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik serta belum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilakukan dalam jangka waktu 3 minggu yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik di kelas V yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 87,5% (B) dan pada siklus II diperoleh skor 92% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 90,5% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 96% (SB). Aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 78,5% (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 93% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79 (C) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86 (B). Dengan demikian model kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorSurian, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:04
Last Modified: 07 Mar 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50662

Actions (login required)

View Item View Item