Ati, Murni
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative
Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas V SD Negeri 13
Bukit Apit Puhun Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan
pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru serta kurang
optimalnya penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaraan
menggunakan model yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik
serta belum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok,
sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V
SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif
tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V SD
Negeri 13 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilakukan dalam
jangka waktu 3 minggu yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari
2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi
empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13 Bukit Apit Puhun Kota
Bukittinggi dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta peserta didik
di kelas V yang berjumlah 22 orang.
Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 87,5% (B) dan pada siklus
II diperoleh skor 92% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru
siklus I diperoleh rata-rata yaitu 90,5% (B), dan pada siklus II meningkat
menjadi 96% (SB). Aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata
yaitu 78,5% (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 93% (SB). Hasil
belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79 (C) sedangkan
pada siklus II meningkat menjadi 86 (B). Dengan demikian model
kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di
sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |