Irvani, Mutia
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi
Canva pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada era industry 4.0 ini, banyak memunculkan terobosan terbaru termasuk dalam
bidang Pendidikan, salah satunya yaitu membuat media pembelajaran menggunakan
teknologi yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional dan
belum menogunakan media yang tnenggunakan teknologi. Berdasarkan rumusan masalah
maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tematik terpadu
menggunakan Canva di kelas V SD yang Valid dan Praktis.
Penelitian ini adalah penelitian reasearch and development dengan menggunakan
model ADDIE sebagai model pengembangannya. Model pengembangan ADDIE terdiri
dari lima tahap yaitu analysis, design, developtnent, implementation dan evaluation.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Pasa Surian, Kabupaten Solok.
Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media
pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 88,79% dalam
kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba melihat pratikalitas media pembelajaran
dinyatakan sangat praktis. Hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasll respon peserta
didik. Dimana angket respon guru mendapat nilal 91,3% dengan kategori sangat praktis
dan angket respon dari 20 orang pesena didik kelas 5 mendapai nilai 86%, dengan kategori
sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran tematik terpadu menggunakan
Canva di kelas V SD yang dikemhangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |