Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Aktivitas Bermain Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu AlKautsar Lubuk Begalung Padang

Lisda, Kurnia (2023) Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Aktivitas Bermain Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu AlKautsar Lubuk Begalung Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_KURNIA_LISDA_18022180_8281_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan aktivitas bermain anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Islam Terpadu Al-Kautsar Lubuk Begalung Padang. Sarapan pagi penting karena memengaruhi aktivitas bermain anak di sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel yang diteliti adalah 41 anak. Teknik pengambilan data adalah menggunakan observasi dan kuesioner atau angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kebiasaan sarapan pagi anak diisi oleh orang tua anak, sedangkan kuesioner atau angket tentang aktivitas bermain diisi oleh guru. Instrumen telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabilitas yang digunakan adalah menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah rhitung sebesar 0,527. Hasil tersebut lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% yang bernilai 0,316. Di dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan sarapan pagi dengan aktivitas bermain anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Islam Terpadu Al-Kautsar Lubuk Begalung Padang. Besarnya sumbangan efektif kebiasaan sarapan pagi dengan aktivitas bermain anak usia 5-6 tahun di Taman kanak-kanak Islam Terpadu Al-Kautsar Lubuk Begalung Padang adalah r2 x 100% yaitu 27,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorYulsyofriend, YulsyofriendUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:04
Last Modified: 07 Mar 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50660

Actions (login required)

View Item View Item