Tinjauan Penerapan Penggunaan Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Kerinci

Suciaty, Kasih (2023) Tinjauan Penerapan Penggunaan Aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) pada Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_KASIH_SUCIATY_202233045_284_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan aplikasi Samsat Digital Nasional(SIGNAL) pada pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kerinci. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif.Penelitian ini dilakukan di UPTD PPD Kabupaten Kerinci,yang beralamat di JL Raya Semurup, Air Hangat, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi sampaitahun 2022 yang terdaftar di Kantor UPTD PPD Kabupaten kerinci yangber jumlah 43.921 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden dan 2 Wajib Pajak diantaranya yang diwawancara sebagai bukti pendukung. Penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan formula Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) pada pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Kerinci dapat dilihat dari rata-rata dengan skor sebesar 4,30 dengan TCR 86% artinya penerapan e-system perpajakan terhadap kepatuhan wajibpajak orang pribadi dalam membayar pajak di Kantor Pelayanan Pajak PratamaPadang Dua dikategorikan sangat baik, tetapi belum teralisasi dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyofyan, RitaUNSPECIFIED
CorrectorTasman, AbelUNSPECIFIED
CorrectorBudiarti, Astra PrimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: WAJIB PAJAK, PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, APLIKASI SIGNAL
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:50
Last Modified: 06 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50628

Actions (login required)

View Item View Item