Pengembangan Quiz Game Edukasi pada Mata Pelajaran IPA tentang Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas VIII SMP

Delvytra, Indry (2023) Pengembangan Quiz Game Edukasi pada Mata Pelajaran IPA tentang Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Indry_Delvytra_19004015_8401_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa fakta temuan dilapangan. Hal ini disebabkan, karena siswa kesulitan dalam memahami materi mengenai sistem pencernaan pada manusia. Siswa juga kesulitan dalam menghafalkan bahasa latin atau bahasa asing yang terdapat pada materi sistem pencernaan pada manusia, permasalahan terkait ketidakpahaman materi siswa SMPN 15 Padang disebabkan pembelajaran yang monoton selain itu guru jarang menggunakan media atau menggunakan media yang seadanya sehingga siswa mudah jenuh dan bosan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media quiz game edukasi pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP yang valid. Praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangan, yaitu analisis (analysis), Perencanaan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Uji validasi produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 validator materi dan 2 validator media. Uji coba produk dilakukan oleh 1 orang guru IPA dan 30 siswa kelas VIII.4 SMPN 15 Padang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan quiz game edukasi yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 93,8% untuk materi, 98% untuk media dengan kategori sangat layak. Hasil respon guru dan peserta didik mendapatkan tingkat kepraktisan 94,6% dari guru dan 90% dari siswa dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas yang telah dilakukan menunjukan t hitung>t tabel sehingga menunjukan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa media quiz game edukasi yang dihasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP. Media game edukasi ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pre-test ke post-test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:50
Last Modified: 06 Mar 2024 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50626

Actions (login required)

View Item View Item