Ath’thariq, Irfan
(2023)
Hubungan Kecanduan Game Online dengan Sikap Apatis
pada Lingkungan Sosial Peserta Didik SMP Pembangunan Labor UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik
yang lebih medahulukan kepentingan pribadi tanpa memperdulikan keadaan dan
kondisi di sekitarnya. Hal ini bisa disebut dengan sikap apatis pada lingkungan
sosial. Pada peserta didik sikap apatis pada lingkungan sosial dapat disebabkan
oleh kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan
gambaran kecanduan game online pada peserta didik di SMP Pembangunan Labor
UNP, 2) mendeskripsikan gambaran sikap apatis terjadi pada peserta didik di
SMP Pembangunan Labor UNP, 3) menguji hubungan kecanduan game online
dengan sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik di SMP Pembangunan
Labor UNP.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
deskriptif korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 154 peserta didik. Sampel
penelitian diambil dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling
sehingga diperoleh sampel sebanyak 114 peserta didik. Penelitian ini
menggunakan instrumen skala kecanduan game online dan skala sikap apatis pada
lingkungan sosial yang telah lulus uji validitas serta reabilitas. Data dianalisis
dengan menggunakan teknik persentase, kemudian untuk melihat hubungan antara
kedua variabel digunakan analisis statistik parametrik yaitu korelasi product
moment yang dikembangkan oleh Pearson.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Rata-rata skor capaian
kecanduan game online peserta didik sedang. Kebanyakan peserta didik
mengalami kecanduan game online pada ketegori sedang. 2) Rata-rata skor
capaian sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik termasuk sedang.
Kebanyakan peserta mengalami kecanduan game online pada ketegori sedang. 3)
Terdapat hubungan yang positif signifikan dengan kategori sedang antara
kecanduan game online dengan sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik.
Implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling yaitu guru BK dapat
memberikan layanan informasi terkait kegiatan offline seperti olahraga, seni, atau
kegiatan yang mendorong peserta didik terlibat dalam aktivitas sosial yang dapat
menggantikan waktu bemain game online sehingga peserta didik akan lebih
terhubung kepada lingkungan sosial disekitar mereka.
Actions (login required)
|
View Item |