Hubungan Kecanduan Game Online dengan Sikap Apatis pada Lingkungan Sosial Peserta Didik SMP Pembangunan Labor UNP

Ath’thariq, Irfan (2023) Hubungan Kecanduan Game Online dengan Sikap Apatis pada Lingkungan Sosial Peserta Didik SMP Pembangunan Labor UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Irfan_Ath'thariq_19006088_8806_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya peserta didik yang lebih medahulukan kepentingan pribadi tanpa memperdulikan keadaan dan kondisi di sekitarnya. Hal ini bisa disebut dengan sikap apatis pada lingkungan sosial. Pada peserta didik sikap apatis pada lingkungan sosial dapat disebabkan oleh kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan gambaran kecanduan game online pada peserta didik di SMP Pembangunan Labor UNP, 2) mendeskripsikan gambaran sikap apatis terjadi pada peserta didik di SMP Pembangunan Labor UNP, 3) menguji hubungan kecanduan game online dengan sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik di SMP Pembangunan Labor UNP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 154 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 114 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen skala kecanduan game online dan skala sikap apatis pada lingkungan sosial yang telah lulus uji validitas serta reabilitas. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, kemudian untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan analisis statistik parametrik yaitu korelasi product moment yang dikembangkan oleh Pearson. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Rata-rata skor capaian kecanduan game online peserta didik sedang. Kebanyakan peserta didik mengalami kecanduan game online pada ketegori sedang. 2) Rata-rata skor capaian sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik termasuk sedang. Kebanyakan peserta mengalami kecanduan game online pada ketegori sedang. 3) Terdapat hubungan yang positif signifikan dengan kategori sedang antara kecanduan game online dengan sikap apatis pada lingkungan sosial peserta didik. Implikasi dalam layanan bimbingan dan konseling yaitu guru BK dapat memberikan layanan informasi terkait kegiatan offline seperti olahraga, seni, atau kegiatan yang mendorong peserta didik terlibat dalam aktivitas sosial yang dapat menggantikan waktu bemain game online sehingga peserta didik akan lebih terhubung kepada lingkungan sosial disekitar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, SUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Puji GusriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:35
Last Modified: 05 Mar 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50611

Actions (login required)

View Item View Item