Meningkatkan Keterampilan Membuat Sweet Roll melalui Metode Direct Instruction Kelas VIII Anak Tunarungu (Classroom Action research di SLB Muhammdiyah Pauh IX Padang)

Rahmi, Zahra (2023) Meningkatkan Keterampilan Membuat Sweet Roll melalui Metode Direct Instruction Kelas VIII Anak Tunarungu (Classroom Action research di SLB Muhammdiyah Pauh IX Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_ZAHRA_RAHMI_19003172_7592_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang didapat peneliti saat melakukan praktek lapangan (PL) di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti bersama guru kelas diketahui bahwa terdapat dua orang siswa tunarungu yang memiliki permasalahan dengan pembelajaran keterampilan vokasional yang mengakibatkan nilai siswa rendah di bidang tersebut. Ditambah lagi dengan guru kelas yang kurang mahir di bidang keterampilan vokasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang keterampilan membuat Sweet Roll melalui metode Direct Instruction serta untuk memperbaiki kegiatan guru selama proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Selama kegiatan penelitian berlangsung peneliti akan berkolaborasi dengan guru kelas. Peneliti bertugas sebagai pengamat sedangkan guru bertugas sebagai pelaksana. Penelitian inimelibatkan dua orang siswa tunarungu dengan inisial AM dan IP. Berdasarkan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat sweet roll melalui metode direct instruction yangdilakukan selama siklus I dan siklus II diketahui bahwa adanya peningkatan pada nilai siswa. Berdasarkan tes penilaian siswa selama 2 siklus didapatkan hasil sebagai berikut. Kemampuan awal AM 29%, meningkat pada siklus I 50%,meningkat lagi menjadi 94%siklus II. Sedangkan kemampuan awal IP 35%, meningkat menjadi 58% sikus I,meningkat lagi menjadi 100% siklus II. Dengan hal ini dapat diketahui bahwa metode direct instruction dapat meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam membuat sweet roll di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DIRECT INSTRUCTION, SWEET ROLL, ANAK TUNARUNGU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:31
Last Modified: 05 Mar 2024 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50610

Actions (login required)

View Item View Item