Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Self efficacy Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Nanggalo Kota Padang

Paramita, Widya (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Self efficacy Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_WIDYA_PARAMITA_19129180_8041_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum melibatkan peserta didik pada masalah, rendahnya hasil belajar, dan self efficacy peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan self efficacy peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan quasy experiment design bentuk the non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SDN 11 Kurao Pagang yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest yang diperoleh rata-rata kelas eksperimen 49,3 dan nilai rata-rata posttest adalah 81,95 serta nilai rata-rata angket awal adalah 62,13 dan nilai rata-rata angket akhir adalah 64,30. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol memiliki rata-rata pretest adalah 50,2 dan rata-rata posttest 70,9 serta nilai rata-rata angket awal adalah 61,67 dan nilai rata-rata angket akhir adalah 64,04. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t, diperoleh untuk hasil belajar = 3,50 dan = 2,01 dengan taraf nyata 0,05, maka = 3,50 > = 2,01, sedangkan untuk self efficacy = 0,11 dan = 2,01 dengan taraf nyata 0,05, maka = 0,11 < = 2,01 maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar, tetapi tidak berpengaruh terhadap self efficacy peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, SELF EFFICACY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:12
Last Modified: 05 Mar 2024 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50608

Actions (login required)

View Item View Item