Kalimat Efektif dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar.

Amelia, Mayang Agustin (2023) Kalimat Efektif dalam Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_MAYANG_AGUSTIN_AMELIA _19016103_194_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan penggunaan kalimat dari segi kejelasan struktur, kelogisan makna, kehematan kata, kebakuan kata, dan ketepatan ejaan. Jenis penelitian berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian analisis isi (content analysis). Data yang akan diperoleh merupakan kata-kata dan kalimat yang diperoleh dari sumber data penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Ganting. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel inventaris. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Dari hasil penelitian, penggunaan kalimat dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Ganting berada pada kualifikasi kurang baik. Hal tersebut karena ditemukan sebagian kecil kalimat efektif dan sebagian besar kalimat tidak efektif. Sebagian besar kalimat yang tidak efektif disebabkan oleh kalimat dalam teks tidak memenuhi indikator kalimat efektif dalam penelitian ini. Indikator tersebut yaitu, ketepatan struktur kalimat, kelogisan makna, kehematan kata, kebakuan kata, dan ketepatan ejaan. Hasil penelitian menunjukkan lima hal sebagai berikut. Pertama,ditemukan ketidaktepatan penggunaan kalimat efektif dari segi kejelasan struktur. Subjek tidak hilang menjadi indikator penyebab terbesar terjadinya kesalahan. Kedua,keefektifan kalimat dari segi kelogisan makna. Logis hubungan S dan P menjadi penyebab terbesar terjadinya kesalahan. Ketiga,keefektifan kalimat dari segi kehematan kata. Menggunakan satu kata dari beberapa kata yang bersinonim menjadi indikator penyebab terbesar terjadinya kesalahan. Keempat, keefektifan kalimat dari segi kebakuan kata. Kelima, keefektifan kalimat dari segi kebakuan kata. Penggunaan huruf kapital menjadi penyebab terbesar terjadinya kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kalimat efektif dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Ganting cenderung tidak tepat. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Ganting belum mampu menggunakan kalimat dengan tepat dalam penulisan teks deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KALIMAT EFEKTIF, TEKS DESKRIPSI, STRUKTUR BAHASA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:28
Last Modified: 05 Mar 2024 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50602

Actions (login required)

View Item View Item