Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Debate Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas X Sekolah SMAN 1 Akabiluru

Putri, Dwi Sonia (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Debate Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas X Sekolah SMAN 1 Akabiluru. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_03_DWI_SONIA_PUTRI_18004013_7471_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam suatu kehidupan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu mengikuti arus perkembangan zaman yang semakin maju. Berbagai upaya untuk dapat meningkatkan suatu proses belajar mengajar dalam pendidikan telah banyak dilakukan, namun dalam kenyataannya mutu suatu pendidikan masih rendah. Salah satu indikator mutu pendidikan yang rendah bisa dilihat dari keberhasilan suatu proses belajar mengajar serta pencapaian standar ketuntasan belajar yang masih rendah. Tujuan penlitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran active debate berbasis video terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Debate Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas X Sekolah SMAN 1 Akabiluru”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMAN Akabiluru yang terdiri dari 5 kelas. Penelitian menggunakan teknik Purposive sampling dan sampel penelitian adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol, masing-masingnya berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 25 butir soal, dan alat pengumpulan data lembaran jawaban. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 85,88 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 78,25. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung 4,94 > t tabel 1,697 pada ɑ 0,05. Demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran active debate berbasis video pada mata pelajaran PKn Kelas X di SMAN Akabiluru. Dengan kata lain penggunaan model pembelajaran active debate berbasis video berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X SMAN Akabiluru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:43
Last Modified: 29 Feb 2024 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50592

Actions (login required)

View Item View Item