Putri, Dwi Sonia
(2023)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active
Debate Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn
Kelas X Sekolah SMAN 1 Akabiluru.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam suatu kehidupan untuk
membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu mengikuti arus
perkembangan zaman yang semakin maju. Berbagai upaya untuk dapat meningkatkan
suatu proses belajar mengajar dalam pendidikan telah banyak dilakukan, namun
dalam kenyataannya mutu suatu pendidikan masih rendah. Salah satu indikator mutu
pendidikan yang rendah bisa dilihat dari keberhasilan suatu proses belajar mengajar
serta pencapaian standar ketuntasan belajar yang masih rendah. Tujuan penlitian ini
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran active debate
berbasis video terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu
permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu “Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Active Debate Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran PKn Kelas X Sekolah SMAN 1 Akabiluru”.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif berbentuk quasy
experiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMAN Akabiluru yang terdiri
dari 5 kelas. Penelitian menggunakan teknik Purposive sampling dan sampel
penelitian adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas
kontrol, masing-masingnya berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan tes objektif sebanyak 25 butir soal, dan alat pengumpulan data
lembaran jawaban. Jenis data penelitian berupa data hasil belajar siswa dan sumber
datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 85,88 lebih tinggi
dari nilai rata-rata kelas kontrol 78,25. Berdasarkan uji t diperoleh t
hitung
4,94 > t
tabel
1,697 pada ɑ 0,05. Demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran active debate
berbasis video pada mata pelajaran PKn Kelas X di SMAN Akabiluru. Dengan kata
lain penggunaan model pembelajaran active debate berbasis video berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas X
SMAN Akabiluru.
Actions (login required)
|
View Item |