Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa

Rifqa, Halya (2023) Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_05_Halya_Rifqa_18006269_7606_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang sedang marak terjadi pada siswa sekolah yaitu prokrastinasi akademik. Kebiasaan menunda tugas yang dilakukan siswa ini tidak bisa dikendalikan oleh siswa, sehingga membuat siswa melakukan sesuatu yang tidak dapat diimbangi. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa SMP IT Adzkia Padang ada yang menunjukkan tindakan prokrastinasi akademik. Usaha siswa untuk dapat mengimbangi kebiasaan menunda tugas pada siswa ini agar dapat menjalankan kegiatan akademik yang seharusnya disebut kontrol diri. Siswa yang memiliki kontrol diri yang rendah cenderung melakukan tindakan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeksripsikan kontrol diri pada siswa SMP, (2) mendeksripsikan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMP, (3) menguji hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deksriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu 348 siswa SMP IT Adzkia Padang, sampel pada penelitian ini yaitu 188 siswa dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kontrol diri dan prokrastinasi akademik dengan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif dan analisis korelasional pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kontrol diri siswa SMP IT Adzkia Padang tergolong pada kategori rendah, sedangkan untuk prokrastinasi akademik siswa SMP IT Adzkia Padang berada pada kategori sedang serta adanya hubungan signifikan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai r hitung sebesar -0,618 dengan tingkat hubungan kuat dan taraf signifikan 0,000. Artinya semakin tinggi kontrol diri siswa maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa, dan sebaliknya semakin rendah kontrol diri siswa maka semakin tinggi prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan yaitu layanan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:35
Last Modified: 29 Feb 2024 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50589

Actions (login required)

View Item View Item