Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas V SD Negeri 25 Kota Payakumbuh

Jeffany, Gebby Dwy (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 di Kelas V SD Negeri 25 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_06_Gebby_Dwy_Jeffany_19129226_8086_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaan tematik terpadu yang terlihat dari proses pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher center), sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 25 Kota Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1, 2, dan 3 pembelajaran 3 menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 25 Kota Payakumbuh. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 25 Kota Payakumbuh. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang. Pedekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus dengan hasil analisis sebagai berikut: a) Pengamatan RPP nilai rata-rata yang didapatkan pada siklus I adalah 85 (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 100 (SB), b) Pada pelaksanaan aktivitas guru nilai rata-rata yang di dapatkan pada siklus I adalah 89,5 (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 100 (SB), sedangkan pelaksanaan pada aktivitas peserta didik nilai rata-rata yang didapatkan adalah 85,5 (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 100 (A), c) Pada penilaian terhadap hasil belajar peserta didik nilai rata-rata yang didapatkan pada siklus I adalah 82,5 (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 88 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 25 Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:34
Last Modified: 29 Feb 2024 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50588

Actions (login required)

View Item View Item