Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam

Madihah, Hanifah Chairatun (2023) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 18 Koto Hilalang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_06_Hanifah_Chairatun_Madihah_18129262_8251_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang kurang terlaksana dengan baik, pada pelaksanaanya guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 18 Koto Hilalang sebanyak 15 orang peserta didik. Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian dilihat dari aspek RPP di siklus I pertemuan 1 81,25% (Baik), siklus I pertemuan 2 menjadi 87,5% (Baik) dengan rata –rata 84,38% (Baik), dan siklus II 93,75% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I pertemuan 1 78,57%, (Cukup) sikus I pertemuan 2 85,71% (Baik) dengan rata –rata 82,14 % (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik). Aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 75% (C), siklus I pertemuan 2 85,71% (Baik) dengan rata –rata 80,36% (Baik), dan siklus II 92,85% (Sangat Baik). Hasil belajar siklus I pertemuan 1 72,16 (Cukup), siklus I pertemuan 2 80,5 (Baik) dengan ratarata 76,33 (Cukup), dan siklus II 89,08 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:34
Last Modified: 29 Feb 2024 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50587

Actions (login required)

View Item View Item