Madihah, Hanifah Chairatun
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan
Luas Bangun Datar Serta Hubungan
Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua
Menggunakan Model Problem Based
Learning di Kelas IV SDN 18 Koto Hilalang
Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV ini dilatar belakangi
oleh pembelajaran matematika yang kurang terlaksana dengan baik, pada
pelaksanaanya guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat
merangsang keaktifan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta
hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua menggunakan model Problem
Based Learning.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
peserta didik kelas IV SDN 18 Koto Hilalang sebanyak 15 orang peserta didik.
Untuk mengetahui keberhasilan rencana pelaksanan pembelajaran, pelaksanaan
kegiatan pembelajaran dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi
dan tes.
Hasil penelitian dilihat dari aspek RPP di siklus I pertemuan 1 81,25%
(Baik), siklus I pertemuan 2 menjadi 87,5% (Baik) dengan rata
–rata 84,38%
(Baik), dan siklus II 93,75% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek
guru siklus I pertemuan 1 78,57%, (Cukup) sikus I pertemuan 2 85,71% (Baik)
dengan rata
–rata 82,14 % (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik). Aspek
peserta didik siklus I pertemuan 1 75% (C), siklus I pertemuan 2 85,71% (Baik)
dengan rata
–rata 80,36% (Baik), dan siklus II 92,85% (Sangat Baik). Hasil belajar
siklus I pertemuan 1 72,16 (Cukup), siklus I pertemuan 2 80,5 (Baik) dengan ratarata
76,33 (Cukup), dan siklus II 89,08 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan
hasil belajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan
akar pangkat dua di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |