Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Perangkat Lunak Autocad Secara Daring (dalam Jaringan) Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Sukrismon, Sukrismon (2023) Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Perangkat Lunak Autocad Secara Daring (dalam Jaringan) Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SUKRISMON_16061091_8597_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wabah Corona Virus Disease (COVID-19) yang melanda lebih dari 200 negara di dunia, telah memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Mengantisipasi penularan virus tersebut pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan, seperti isolasi, social and physical distancing hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Universitas Negeri Padang (UNP), salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Barat, juga menerapkan proses pembelajaran secara online atau daring pada saat pandemi ini COVID-19 ini. Namun sebagai suatu hal yang masih terbilang baru, ada banyak permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya, terutama dalam mata kuliah praktik. Berbeda dengan pembelajaran untuk mata kuliah teori, pembelajaran daring untuk mata kuliah praktik baru diterapkan di masa pandemi COVID-19 ini. Dua diantara mata kuliah praktik yang harus dilaksanakan secara daring di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang adalah mata kuliah Gambar Perencanaan bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan dan mata kuliah Aplikasi CAD bagi mahasiswa program studi D3 Teknik Sipil Bangunan Gedung. Dengan adanya penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar AutoCAD secara daring. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online. Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan angkatan 2019. Sampel penelitian diambil sebanyak 57 orang. Berdasarkan hasil penelitian dari rumus derajat pencapaian disimpulkan bahwa faktor kesulitan pembelajaran AutoCAD selama perkuliah daring untuk delapan indikator berada di atas derajat tingkat pencapain 55%, hanya indikator Accurately Reflect Learning (Merefleksikan Pembelajaran dengan Akurat) dengan derajat tingkat pencapai 53% yang dapat diartikan bahwa pada indikator Accurately Reflect Learning (Merefleksikan Pembelajaran dengan Akurat) faktor kesulitan belajar yang dirasakan mahasiswa dalam kategori rendah. Dan untuk faktor kesulitan belajar, tingkat kesulitan belajar AutoCAD selama daring ada pada indikator Merefleksikan Pembelajaran dengan Akurat dengan persentase kesulitan belajar sebesar 46.2% dan derajat pencapai sebesar 53.8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AUTOCAD, FAKTOR KESULITAN BELAJAR
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:17
Last Modified: 29 Feb 2024 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50586

Actions (login required)

View Item View Item