Febriyenti, Frety
(2023)
Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata
Pelajaran Informatika Kelas VII SMP.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa fakta yang ditemukan
dilapangan. siswa masih sulit untuk memahami sebagian materi pelajaran
Informatika karena materinya cukup kompleks. Hal tersebut dikarenakan selain
materi yang cukup sulit dipahami karena mata pelajaran Informatika baru bagi
siswa kelas VII. Permasalahan terkait ketidakpahaman materi siswa SMP Negeri
15 Padang kelas VII disebabkan pembelajaran yang monoton selain itu guru jarang
menggunakan media pembelajaran saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran pada mata
pelajaran Informatika kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah
Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4-
D. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu;
(1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Uji validitas produk dilakukan
oleh 3 validator yaitu I orang validator materi dan 2 orang validator media. Uji coba
produk dilakukan kepada 31 siswa kelas VII SMP Negeri 15 Padang dengan tujuan
untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas produk yang dikembangkan.
Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ini telah divalidasi oleh 1 orang
ahli materi dan 2 orang ahli media, yang hasil penilaiannya masing-masing sudah
dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata nilai 98,35% untuk materi, dan
97,98% untuk media yang melalui 2 tahap validasi dengan beberapa revisi pada
media. Hasil uji coba kepraktisan dilapangan memperoleh nilai 98,12%, sehingga
multimedia interaktif berada pada kategori “Sangat Praktis”.
Actions (login required)
|
View Item |