Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Value Clarification Teachique (VCT) Model Matriks pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Bandar Buat, Padang

Chahyani, Fitri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Value Clarification Teachique (VCT) Model Matriks pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Bandar Buat, Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_06_Fitri_Chahyani_19129221_7501_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran tematik terpadu. Penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran dan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matrik di kelas V SDN 01 Bandar Buat, Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahadapanbyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDN 01 Bndar Buat, Padang dengan jumlah 27 peserta didik Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82,45% (Baik), dan siklus II 97,2% (Sangat baik), b) pelaksaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 77,68% (Cukup), dan siklus II 93,7% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I 77,65% (Cukup) dsn siklus II 93,7% (Sangat Baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I mendapatkan 77,87 mengalami peningkatan pada siklus II 90,12. Dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matrik dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Feb 2024 08:53
Last Modified: 28 Feb 2024 08:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50576

Actions (login required)

View Item View Item