Chahyani, Fitri
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan
Pendekatan Value Clarification Teachique (VCT) Model Matriks pada
Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Bandar Buat, Padang.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran tematik
terpadu. Penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran dan pemahaman
peserta didik terhadap pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini ialah
untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan
menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model Matrik di
kelas V SDN 01 Bandar Buat, Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap
siklus meliputi empat tahadapanbyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDN 01 Bndar Buat,
Padang dengan jumlah 27 peserta didik
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan
rata-rata 82,45% (Baik), dan siklus II 97,2% (Sangat baik), b) pelaksaan pada aspek
guru siklus I dengan rata-rata 77,68% (Cukup), dan siklus II 93,7% (Sangat Baik),
c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I 77,65% (Cukup) dsn siklus II
93,7% (Sangat Baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I
mendapatkan 77,87 mengalami peningkatan pada siklus II 90,12. Dapat
disimpulkan bahwa dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Model
Matrik dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |