Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Model Problem Based Learning (PBL) Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar

Putra, Dimas Febrian (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Model Problem Based Learning (PBL) Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DIMAS_FEBRIAN_PUTRA_19129105_7923_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan guru dalam mempergunakan media berbasis IT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi informasi serta menciptakan produk terbaru sesuai dengan perkembangan zaman. Jenis penelitian yang dipergunkan dalam penelitian ini adalah R&D (Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Bukit Cangang dan SDN 01 Benteng Pasar Atas. Media yang dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 12 Bukit Cangang dan SDN 01 Benteng Pasar Atas untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 91% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon di sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis dengan hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 96,25%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 89,245%. Dengan demikian media pembelajaran berbasi aplikasi Articulate Storyline 3 model Problem Based Learning (PBL) materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:27
Last Modified: 16 Feb 2024 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50538

Actions (login required)

View Item View Item