Putra, Dimas Febrian
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi
Articulate Storyline 3 Model Problem Based Learning (PBL) Materi Keliling dan
Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan guru dalam
mempergunakan media berbasis IT dalam proses pembelajaran. Penelitian ini
bermaksud untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi
informasi serta menciptakan produk terbaru sesuai dengan perkembangan zaman.
Jenis penelitian yang dipergunkan dalam penelitian ini adalah R&D
(Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini
dilakukan di SDN 12 Bukit Cangang dan SDN 01 Benteng Pasar Atas. Media yang
dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket.
Validasi produk ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian
diujicobakan di kelas IV SDN 12 Bukit Cangang dan SDN 01 Benteng Pasar Atas
untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan
memperoleh tingkat validitas 91% dengan kategori sangat valid. Hasil angket
respon di sekolah menunjukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis
dengan hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 96,25%.
Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan
89,245%. Dengan demikian media pembelajaran berbasi aplikasi Articulate
Storyline 3 model Problem Based Learning (PBL) materi keliling dan luas bangun
datar di kelas IV sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan
dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |