Strategi Sekolah Penggerak dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Padang)

Arassy, Dewi Fortuna (2023) Strategi Sekolah Penggerak dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_DEWI_FORTUNA_ARASSY_19058010_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembaharuan pada bidang kurikulum oleh Kemendikbud sebagai upaya perbaikan kurikulum sebelumnya yaitu dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Sebagai sekolah yang terpilih menjadi sekolah penggerak maka SMA Negeri 8 Padang wajib melaksanakan kurikulum merdeka. Namun diketahui bahwa pada saat pengimplementasian kurikulum merdeka di sekolah tersebut masih terdapat beberapa kendala, baik dari kepala sekolah, guru, dan sarana prasarana. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh sekolah penggerak dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu purpose sampling. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum dan beberapa guru. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teori struktural fungsional dari Talcott Parsons melalui skema AGIL (Adaptation, Goal, Integrated, dan Latency). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga tahapan strategi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu, melalui tahap perencanaan yang terdiri dari perubahan mindset guru, membuat KOSP, melakukan asesmen diagnostik kepada peserta didik dan sosialisasi ke warga sekolah. Tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan, dimulai dari pembelajaran intrakulikuler dan kokuler. Tahapan terakhir yaitu evaluasi, terdiri dari evaluasi kepada peserta didik, guru serta pelaporan kepada Kemendikbud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:14
Last Modified: 16 Feb 2024 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50528

Actions (login required)

View Item View Item