MTs Tarbiyah Islamiyah/Perti (19542022) dan MTs Muhammadiyah (1970-2022) : Studi Komparasi Sekolah Agama Tingkat SLTP di Paraman Ampalu Kabupaten Pasaman Barat

Lubis, Sofya Murti (2023) MTs Tarbiyah Islamiyah/Perti (19542022) dan MTs Muhammadiyah (1970-2022) : Studi Komparasi Sekolah Agama Tingkat SLTP di Paraman Ampalu Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_SOFYA_MURTI_LUBIS_19046057_8732_2023.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Studi Komparasi MTs Tarbiyah Islamiyah/Perti Paraman Ampalu (1954-2022) dan MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu (1970-2022). Bagaimanakah komparasi antara MTs Tarbiyah Islamiyah dan MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu dilihat dari Ideologi Pendidikannya, kurikulumnya, keadaan siwa dan gurunya, sarana dan prasarananya, persepsi dan pengaruh kedua sekolah agama ini di masyarakat Paraman Ampalu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana komparasi antara MTs Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu (1954-2022) dan MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu (1970-2022). Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang meliputi heuristik atau pengumpulan data, kritik sumber, interpretasi serta tahap terakhir adalah historiografi. Pertama, penulis mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan objek yang diteliti berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari dokumen dan wawancara dengan narasumber yang memiliki keterkaitan dengan objek yang diteliti, yang terdiri dari pengurus yayasan, pimpinan, kepala sekolah, guru, kepala tata usaha, alumni madrasah dan masyarakat Paraman Ampalu. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Kedua kritik sumber yaitu proses pengujian sumber sejarah baik secara internal maupun eksternal. Ketiga, interpretasi yaitu menafsirkan kembali dan menghubungkan data yang saling berkaitan dengan penelitian. Keempat, historiografi yaitu penyajian hasil penelitian dalam bentuk penulisan ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Tarbiyah Islamiyah dan MTs Muhammadiyah memiliki tujuan yang sama secara umum yakni membentuk dan menghasilkan kader-kader ulama yang sesuai ajaran Islam. MTs Tarbiyah Islamiyah merupakan sekolah agama pertama di Paraman Ampalu yang berdiri pada tahun 1954 sedangkan MTs Muhammadiyah berdiri pada tahun 1970. Ditinjau dari ideologi pendidikannya MTs Tarbiyah Islamiyah identik dengan corak pendidikan tradisionalis karena melestarikan paham Ahlussunah Waljamaah, berpegang pada mahzab Asy’ariyah dan Maturidiyah dalam tauhid, berpegang pada salah satu dari empat mahzab dalam bidang fiqih, dan dalam tasawuf berpegang pada imam Al- Ghazali serta memiliki tarekat-tarekat. Sementara Ideologi pendidikan MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu bersifat terbuka ( modern) bersumber pada ajaran Islam (A-Qur’an dan Sunnah), tidak terikat maupun berpegang pada mahzab, namun dalam tasawuf berpegang pada imam Al-Ghazali, memiliki etos Tajdid dakwah Amar Ma’ruf Nahi Mungkar serta tidak memiliki tarekat. Perbedaan pelajarannya terlihat pada kitab yang digunakan yakni MTs Tarbiyah Islamiyah mempelajari kitab kuning berupa nahwu, shorof dan sinar sahara serta berorientasi pada tafaqquh fi al-din. Sedangkan MTs Muhamnadiyah tidak menggunakan kitab, ciri kas pelajarannya yaitu Al-Islam Kemuhammadiyahan dan ISMUBA ( Islam Muhammadiyah dan Bahasa Arab). Adapun ciri khas model pembelajaran MTs Tarbiyah Islamiyah yakni ketundukanya terhadap kyai sedangkan MTS muhammadiyah terletak pada guru. Dalam bidang kurikulum MTs Tarbiyah Islamiyah menggunakan kurikum terpadu yaitu kurikulum madrasah dan kurikulum pondok pesantren, sedangkan MTs Muhammadiyah menggunakan kurikulum madrasah pada umumnya. Jika dilihat dari jumlah siswa, guru dan manajemennya pada tahun 2022 MTs Muhammadiyah lebih unggul dari MTs Tarbiyah Islamiyah sedangkan dalam bidang sarana dan prasarana kedua sekolah agama ini sudah lebih baik dari pada awal berdirinya. Sementara dalam bidang ilmu keislaman alumni MTs Tarbiyah Islamiyah lebih bagus dari MTs Muhammadiyah Paraman Ampalu. Namun kedua sekolah agama ini memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan begitu diharapkan kedua sekolah agama ini mampu memberikan warna baru dalam bidang pendidikan di Paraman Ampalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatimah, SitiUNSPECIFIED
CorrectorSalam, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorAsri, ZulUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:35
Last Modified: 15 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50500

Actions (login required)

View Item View Item