Penerapan virtual MIG Welding Posisi 1G pada Mata Pelajaran Las MIG terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Mandau.

Hasan, Muhammad Zainul (2023) Penerapan virtual MIG Welding Posisi 1G pada Mata Pelajaran Las MIG terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Mandau. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_ZAINUL_HASAN_19067015_8698_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fasilitas yang dimiliki sekolah seperti mesin las sangat memadai. Akan tetapi hasil belajar yang diraih peserta didik menggunakan media konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajat siswa dengan penerapan media virtual MIG. Riset ini memakai metode Quasi Experimental Design melalui desain penelitian pretest- posttest, non equivalent control group design. Penelitian ini melibatkan 54 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yakni 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol, Ditinjau dari perbedaan antara grup eksperimen dan grup kontrol. Riset diujikan di SMK Negeri 1 Mandau. Subjek dari riset ini yakni (XI TPM 1) menjadi grup eksperimen dan (XI TPM 2) menjadi grup kontrol. Data dikumpulkan melalui tes soal untuk penguasaan kognitif. Analisis data awal yang digunakan untuk memeriksa normalitas dengan kesimpulan pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai sig Shapiro-Wilk > 0,05 dengan kesimpulan data tersebut normal, dan homogenitas didapatkan nilai sig Based on Mean > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data kedua kelas tersebut adalah sama atau homogen . Analisis akhir menggunakan hipotesis dengan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan pada kedua kelompok kelas sebesar 0,000, yaitu lebih kecil dari 0,05. Dengan hasil itu maka rumusan Ha diterima dan Ho gagal diterima yang berarti terdapat pengaruh yang positif dari hasil belajar siswa dan penerapan Virtual MIG efektif digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Mand

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorSari, Delima YantiUNSPECIFIED
CorrectorAdri, JunilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNIK PENGELASAN, PENGUASAAN KOGNITIF, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:32
Last Modified: 15 Feb 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50494

Actions (login required)

View Item View Item