Penerapan Video Tutorial untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Shield Metal Arc Welding (SMAW) Kelas XI Teknik Pengelasan di Sekolah Menengah Kejuruan.

M. Hafis, M. Hafis (2023) Penerapan Video Tutorial untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Shield Metal Arc Welding (SMAW) Kelas XI Teknik Pengelasan di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_M. HAFIS_19067093_8864_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran Shield Metal Arc Welding di kelas XI Teknik Pengelasan Negeri 1 Bukittinggi melalui penerapan video media interkatif, penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Hasil penelitian pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan video tutorial efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa karna siswa merasa tertarik dalam pembelajaran mengunakan video tutorial. Motivasi siswa dalam belajar Shield Metal Arc Weldingdi kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Bukittinggi dengan menggunakan video media interaktif mengalami kenaikan yaitu motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 54% dengan kriteria kurang termotivasi; siklus I pertemuan II adalah 61% dengan kriteria cukup termotivasi dan pada siklus II pertemuan adalah I 72% dengan kriteria termotivasi; siklus II pertemuan adalah II 82% dengan kriteria sangat termotivasi. Jadi terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Shield Metal Arc Weldingkelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Bukittinggi dengan menggunakan video sebagai media interaktif mengalami kenaikan yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 77.88 dengan kriteria sedang; dan pada siklus IInilai rata-rata 79.06 dengan kriteria tinggi. Jadi terdapat peningkatan hasil belajar siswa tergolong baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA INTERAKTIF, HASIL BELAJAR, TEKNIK PENELASAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:29
Last Modified: 12 Feb 2024 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50471

Actions (login required)

View Item View Item