Hubungan Kelengkapan Alat Praktik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Kurnia, M. Fikri (2023) Hubungan Kelengkapan Alat Praktik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_M. FIKR_KURNIA_19067092_8684_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fasilitas belajar di sekolah memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar, yang dalam hal ini termasuk di dalamnya fasilitas bengkel dan ketersediaan alat dan peralatan sebagai sarana dan media belajar siswa di sekolah kejuruan, Tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui hubungan kelengkapan alat praktik siswa terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Las SMAW di kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW di kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi.Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Hasil penelitian yaitu Kelengkapan alat dalam praktik dengan hasil belajar mata pelajaran Las SMAW di Kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi terdapat koefisien korelasi (r) sebesar 0,377 dengan signifikansi 0,040. Hall tersebut berarti bahwa ada hubungan positif antara kelengkapan alat dalam praktek dengan hasil belajar mata pelajaran Las SMAW di Kelas XI SMK Negeri 1 Bukittinggi dengan tingkat hubungan rendah, dan korelasi tersebut signifikan karena p < 0,05 (0,000 < 0,05). Dan Hasil koefisien determinan dengan menggunakan rumus diatas diketahui bahwa besaran koefisien determinan sebesar 11,2%, artinya kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians dari variabel terikatnya adalah sebesar 11,2% dan terdapat 88,8% varians variabel terikat yang dijelaskan oleh faktor lain. Manfaat kelengkapan peralatan praktek mampu memberikan kelancaran siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam pengertian bahwa saat melaksanakan pembelajaran akan menjadi efektif dan tercapai dari tujuan pembelajaran tersebut apabila didukung oleh tersedianya kelengkapan alat yang menunjang proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJasman, JasmanUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FASILITAS BELAJAR, PELAJARAN LAS, HASIL BELAJAR FASILITAS BELAJAR, PELAJARAN LAS, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:55
Last Modified: 12 Feb 2024 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50467

Actions (login required)

View Item View Item