Perhitungan Geometri Jalan dan Daya Dukung Tanah pada Tambang Batubara di PT. Dasrat Sarana Arang Sejati, Parambahan, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.

Ariya, Khairanisa (2023) Perhitungan Geometri Jalan dan Daya Dukung Tanah pada Tambang Batubara di PT. Dasrat Sarana Arang Sejati, Parambahan, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_KHAIRANISA_ARIYA_17137091_7019_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jalan angkut merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan dalam kegiatan penambangan, dimana jalan berfungsi menghubungkan satu titik lokasi menuju lokasi lain. Jalan angkut tambang dibutuhkan baik untuk kegiatan penambangan, pengolahan, hingga penjualan. Umtuk kebutuhan akan jalan angkut maka diperlukannya perencanaan jalan tambang baik secara maksimal dan efisien. Perencanaan jalan dilakukan untuk mendapatkan geometri jalan yang akan diterapkan, selain geometri jalan perlu juga diketahui daya dukung tanah yang dapat menahan beban kendaraan yang melintas di atas jalan tersebut. Kemudian data yang dibutuhkan adalah spesifikasi alat angkut, dan hasil uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Berdasarkan rencana yang telah dilakukan, didapatkan hasil lebar minimum jalan angkut sebesar 8,75 m sedangkan untuk lebar minimum pada tikungan sebesar 15,14 m. Kemudian nilai superelevasi rencana sebesar 0,04 atau 4%, cross slope sebesar 18 cm, safety berm sebesar 0,5 m, lebar bagian bawah 1,5 dan jarak henti minimum adalah 19,61 m. Untuk desain tebal perkerasan jalan pada lapisan dasar yang telah dihitung menggunakan uji DCP didapatkan bahwa nilai CBR belum sesuai dengan standar yang ditetapkan perlu dilakukan penimbunan jika hasilnya ≤ 5% dan dilakukan pemadatan jika hasilnya ≥ 12% agar jalan yang akan direncanakan bisa memenuhi standar yang telah ditentukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnaperta, Yoszi MingsiUNSPECIFIED
CorrectorKopa, RaimonUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERENCANAAN, JALAN TAMBANG, GEOMETRI JALAN
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:15
Last Modified: 12 Feb 2024 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50461

Actions (login required)

View Item View Item