Ariya, Khairanisa
(2023)
Perhitungan Geometri Jalan dan Daya Dukung Tanah pada Tambang Batubara di PT. Dasrat Sarana Arang Sejati, Parambahan, Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Jalan angkut merupakan salah satu sarana yang dibutuhkan dalam kegiatan
penambangan, dimana jalan berfungsi menghubungkan satu titik lokasi menuju lokasi
lain. Jalan angkut tambang dibutuhkan baik untuk kegiatan penambangan, pengolahan,
hingga penjualan. Umtuk kebutuhan akan jalan angkut maka diperlukannya perencanaan
jalan tambang baik secara maksimal dan efisien. Perencanaan jalan dilakukan untuk
mendapatkan geometri jalan yang akan diterapkan, selain geometri jalan perlu juga
diketahui daya dukung tanah yang dapat menahan beban kendaraan yang melintas di atas
jalan tersebut. Kemudian data yang dibutuhkan adalah spesifikasi alat angkut, dan hasil
uji DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Berdasarkan rencana yang telah dilakukan,
didapatkan hasil lebar minimum jalan angkut sebesar 8,75 m sedangkan untuk lebar
minimum pada tikungan sebesar 15,14 m. Kemudian nilai superelevasi rencana sebesar
0,04 atau 4%, cross slope sebesar 18 cm, safety berm sebesar 0,5 m, lebar bagian bawah
1,5 dan jarak henti minimum adalah 19,61 m. Untuk desain tebal perkerasan jalan pada
lapisan dasar yang telah dihitung menggunakan uji DCP didapatkan bahwa nilai CBR
belum sesuai dengan standar yang ditetapkan perlu dilakukan penimbunan jika
hasilnya ≤ 5% dan dilakukan pemadatan jika hasilnya ≥ 12% agar jalan yang akan
direncanakan bisa memenuhi standar yang telah ditentukan
Actions (login required)
|
View Item |