Tinjauan Keselamatan Konstruksi melalui Akses Pintu Masuk dan Pintu Keluar (Access And Egress) (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang).

Valentina, Jessika Anastasya (2023) Tinjauan Keselamatan Konstruksi melalui Akses Pintu Masuk dan Pintu Keluar (Access And Egress) (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang). Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_JESSIKA_ANASTASYA_VALENTINA_ 20062026_7559.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan proyek pembangunan gedung bertingkat tinggi dengan baik diperlukan traffic managementuntuk strategi pengaturan lalu lintas proyek gedung. Dalam merencanakannya perlu diketahui jenis kendaraan yang diperkirakan akan keluar masuk area proyek, sehingga akan lebih mudah untuk menentukan pola geometri jalan akses menuju lokasi konstruksi, ukuran lebar badan jalan utama proyek, serta mengatur penempatan fasilitas pendukung lalu lintas proyek.Alat berupa truck mixer dan dump truck merupakan sarana pengangkutan bahan material yang paling sering berlalu-lalang melintasi lahan di ROW atau area pekerjaan proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang.Pada tata letak lalu lintas yang ada di luar lokasi proyek direncanakan dengan pengalihan dari 2 jalur menjadi 1 jalur. Pengalihan jalur ini menimbulkan suatu masalah yaitu terjadinya konflik dua arah, yang mana dari arah utara ke selatan. Tujuan proyek akhir ini adalah untukmengetahui parameter apa saja yang digunakan sebagai pengendalian resiko pada traffic management di proyek konstruksi gedung dan menilai efektivitas dari parameter pengendalian resiko yang digunakandi lokasi proyek. Adapun jenis metode yang digunakan pada proyek akhir ini yaitu untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan narasumber dan melakukan observasi dan tinjauan secara langsung di lapangan. Berdasarkan hasil tinjauan yang telah dilakukan, pengaturan traffic management telah dilaksanakan dengan baik dan telah memenuhi delapan aspek penting dalam pengaturan traffic management, yaitu perencanaan jalan proyek, posisi gerbang proyek, area pembersihan dump truck, posisi pos satpam, posisi tower crane, pengaturan penerangan proyek, area yang boleh diakses dan tidak boleh diakses, serta posisi gudang proyek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifwan, FitraUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRAFFIC MANAGEMENT, KESELAMATAN, LALU LINTAS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:37
Last Modified: 07 Feb 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50442

Actions (login required)

View Item View Item