Pengembangan Model Layanan Informasi Berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa

Arliyus, Arliyus (2023) Pengembangan Model Layanan Informasi Berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_ARLIYUS_18325003_3797_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran disiplin belajar siswa di SMP PMT Hamka II Padang, (2) menyusun model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP PMT HAMKA II Padang, (3) Mengembangkan model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior yang valid untuk meningkatkan disiplin belajar siswa dan (4) mengembangkan model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior Therapy yang praktis untuk meningkatkan disiplin belajar siswa, (5) Mengembangkan model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior yang efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik SMP PMT Hamka II Padang sebanyak 21 peserta didik untuk menguji keterpakaian buku layanan informasi. Instrumen yang digunakan adalah: (1) daftar isian need assessment, (2) validitas (3) praktikalitas, (4) efektivitas (daftar isian disiplin belajar siswa). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas menggunakan nilai rata-rata, uji praktikalitas menggunakan persentase dan uji efektivitas menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) disiplin belajar peserta didik di SMP PMT Hamka II Padang berada pada kategori baik, (2) rencana model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior Thearapy untuk meningkatkan disiplin belajar sudah layak (valid), (3) model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan disiplin belajar sudah praktis, dan (4) model layanan informasi berbasis Cognitive Behavior Therapy untuk meningkatkan disiplin belajar sudah efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
Correctorwibowo, Mungin EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LAYANAN INFORMASI, COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY, DISIPLIN BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:21
Last Modified: 06 Feb 2024 06:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50413

Actions (login required)

View Item View Item