Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematic (STEAM) di Kelas III Sekolah Dasar

Zulvira, Riri (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Interaktif Berbasis Aplikasi Lectora Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematic (STEAM) di Kelas III Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RIRI_ZULVIRA_20124028_7367_2023.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pembelajaran abad-21 dimana pembelajaran harus menggunakan teknologi. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas III SD Gugus IV Kecamatan Padang Selatan, belum adanya pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan yang berbasis teknologi. Untuk mengatasi hal tersebut maka dikembangkan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM yang berbasis lectora di kelas III SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora di kelas III SD berbentuk CD interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora di kelas III SD ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penyebaran angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, angket validasi, angket praktikalitas, dan lembar tes. Hasil penelitian diperoleh yaitu: (1) bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora dinyatakan sangat valid dengan perolehan hasil validator materi 93,91 %, validator ahli media/grafik memperoleh nilai 92 % dan validator ahli bahasa diperoleh nilai 92 % dengan kategori sangat valid, (2) hasil uji praktikalitas, menunjukkan kriteria sangat praktis setelah dilakukan penilaian oleh guru dengan nilai rata-rata 92,69 % dan peserta didik 92,41 % dengan kategori sangat praktis (3) Hasil uji efektivitas diperoleh rata-rata nilai pre-test 52,33 dan post-test 92,99 setelah menggunakan produk bahan ajar. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan pendekatan STEAM berbasis lectora sangat valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik di kelas III SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR INTERAKTIF, TEMATIK TERPADU, PENDEKATAN STEAM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:50
Last Modified: 05 Feb 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50407

Actions (login required)

View Item View Item