Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Bidang Seni Kreatif di SMA Negeri 13 Pekanbaru

Hadi, Rahmatul (2023) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Bidang Seni Kreatif di SMA Negeri 13 Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_RAHMATUL_HADI_22161037_8566_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis proses, kendala dan nilai elemen dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) tema kewirausahaan di SMA Negeri 13 Kota Pekanbaru. Namun masih belum optimalnya penerapan P5. Masih ada sebagian tim fasilitator P5 yang masih miskonsepsi terhadap pembelajaran kokurikuler, siswa masih belum paham terhadap pembelajaran kokurikuler, sarana prasarana dan fasilitas yang tersedia belum Optimal. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, studi dokumentasi, serta studi literatur. analisis data menggunakan informan dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data serta penarikan kesimpulan dengan melakukan pendekatan terhadap informan yang terdiri dari, kepala sekolah, wakil kurikulum, koordinator sekaligus P5, tim fasilitator P5, siswa dan wali murid. Sedangkan informan penelitian dalam hal ini bervariasi berdasarkan ketepatan pemilihan informan kunci yang menguasai permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema kewirausahaan di SMA Negeri 13 Kota Pekanbaru sudah dilaksanakan dengan baik namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaan P5, nilai elemen yang diharapkan belum tercapai secara maximal. Agar pelaksanaan P5 dapat dilaksanakan secara maksimal maka diperlukan lagi pelatihan pemahaman P5 kepada guru atau tim P5 serta siswa secara berkala tentang pembelajaran P5, pengadaan sarana prasarana dan fasilitas disediakan lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeldi, HeldiUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:10
Last Modified: 05 Feb 2024 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50402

Actions (login required)

View Item View Item