Peran Reward dalam Upaya Mengurngi Perilaku Hiperaktif Motorik pada Siswa Kelas III di SDN 03 Sintuk Toboh Gadang

Yunita, Rahmania (2023) Peran Reward dalam Upaya Mengurngi Perilaku Hiperaktif Motorik pada Siswa Kelas III di SDN 03 Sintuk Toboh Gadang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RAHMANIA_YUNITA_8852_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas III di SDN 03 Sintuk Toboh Gadang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikannya reward kepada anak hiperaktif, kemudian untuk mengetahui peran reward dalam upaya mengurangi perilaku hiperaktif motorik pada anak yang terdiri atas peran yang dilakukan oleh orang tua, peran yang dilakukan oleh guru, serta respon teman sebaya dari MRA dan RM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus yang terdiri atas dua variabel. Subjek penelitian dalam penelitian ini terbagi dua, yakni subjek kasus: MRA dan RM, dan subjek partisipan: guru kelas I,II,dan III; orang tua MRA dan orang tua RM; serta teman sebaya. Pengambilan data tentang perilaku hiperaktif motorik dan pemberian reward diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Teknik triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber melalui pemeriksaan catatan wawancara,catatan lapangan, dan catatan dokumentasi dari berbagai sumber yakni orang tua,guru kelas, dan teman siswa. Hasil penelitian mengenai peran reward dalam upaya mengurangi perilaku hiperaktif motorik pada siswa kelas III di SDN 03 Sintuk Toboh Gadang yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan dengan subjek partisipan menunjukkan bahwa berdasarkan penanganan yang dilakukan oleh orang tua dan guru, yaitu pemberian reward verbal dan nonverbal, serta penggunaan media reward chart yang dilakukan oleh guru, terlihat bahwa pemberian reward tersebut mampu mengurangi perilaku hiperaktif pada MRA dan RM, sehingga tngkah laku anak berubah menjadi lebih rajin, giat, semangat,dan lebih termotivasi saat belajar baik di rumah maupun di sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan tersebut dapat dikemukakan bahwa peran reward baik itu reward verbal maupun nonverbal dapat mengurangi perilaku hiperaktif yang terjadi pada siswa kelas III yang berinisial MRA dan RM.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERILAKU HIPERAKTIF MOTORIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:10
Last Modified: 05 Feb 2024 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50399

Actions (login required)

View Item View Item