Pemetaan Daerah Irigasi Batang Sanipan 2 Menggunakan Aplikasi GIS (Studi Kasus Daerah Irigasi di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota).

Agustia, Dilla (2023) Pemetaan Daerah Irigasi Batang Sanipan 2 Menggunakan Aplikasi GIS (Studi Kasus Daerah Irigasi di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota). Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_DILLA_ AGUSTIA_19323004_8445_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jaringan irigasi Batang Sanipan 2 merupakan jaringan irigasi yang menyalurkan air dari bendungan Batang Sanipan ke sawah masyarakat. Irigasi Batang Sanipan 2 terletak di Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Permasalahan pada irigasi ini adalah tidak cukupnya air yang mengalir sampai ke ujung saluran irigasi sehingga menyebabkan sawah menjadi kering. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan jaringan irigasi untuk mengetahui informasi lokasi, kondisi dan seberapa besar penurunan debit air pada saluran irigasi Batang Sanipan 2 dengan menggunakan peta. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk melaksanakan penelitian ini, dikumpulkan data primer berupa debit dan kondisi jaringan dari hasil analisis jaringan irigasi Batang Sanipan 2 yang akan dijadikan pintu air. tolok ukurnya. Data sekunder berupa data Daerah Irigasi Batang Sanipan 2 yang diperoleh dari instansi terkait. Berdasarkan analisa data, pada saluran awal debit pada saluran primer sebesar 0,3786 m^3/s, dan pada saluran akhir yaitu saluran sekunder debit sebesar 0,0160 m^3/s. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi saluran maka debitnya akan terus menurun. Pengolahan data dan penyajian peta daerah irigasi menggunakan software ArcGIS. Hasil dari penelitian ini akan berupa pemetaan saluran irigasi Batang Sanipan 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArbi, YaumalUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorMardizal, JonniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IRIGASI, SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS, PEMETAAN DAERAH
Subjects: T Technology > GT Technology (general) > GT General Technology
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:04
Last Modified: 05 Feb 2024 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50395

Actions (login required)

View Item View Item