Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh untuk Literas Budaya Melayu Riau di Taman Kanak-kanak Melati Kabupaten Rokan Hulu

Ermiwati, Sri (2023) Pengembangan Video Animasi Putri Tujuh untuk Literas Budaya Melayu Riau di Taman Kanak-kanak Melati Kabupaten Rokan Hulu. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SRI_ERMIWATI_20330080_7157_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya dalam pembelajaran yang dikaitkan dengan Literasi Budaya Melayu Riau. Padahal pengenalan Literasi Budaya Melayu Riau sangat penting bagi anak sebagai jati diri dan warisan budaya yang ada di lingkungan masyarakatnya. Pengenalan Literasi Budaya Melayu Riau penting agar anak mudah diterima di lingkungan masyarakat dan sebagai upaya pelestarian dan pewarisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video animasi Putri Tujuh untuk literasi budaya Melayu Riau pada anak di Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalahResearch and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi pada tahap analysis video animasi diperlukan untuk literasi budaya Melayu Riau dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Tahap design, dengan menyusun indikator, subtema dan materi pembelajaran, kemudian merancang rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format video animasi, rancangan awal produk, proses produksi, dan pasca produksi video animasi. Tahap Development menghasilkan konten pengembangan media video animasi yang divalidasi oleh ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase 98%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 86,66%, validasi ahliinstrumen budaya dinyatakan sangat valid dengan persentase 93%. Tahap Implementation, penerapan media video animasi dinyatakan sangat praktis dengan persentase 92,85% dan dinyatakan sangat efektif dengan persentase 89,48%. Tahap Evalution, video animasi dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran dan dapat mengenalkan literasi budaya Melayu Riau pada anak. Video animasi putri tujuh untuk literasi budaya Melayu Riau pada anak usia dini dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO ANIMASI. LITERASI BUDAYA MELAYU RIAU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:54
Last Modified: 02 Feb 2024 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50367

Actions (login required)

View Item View Item