Pengembangan Game Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak di Taman Kanak- Kanak

Gusmayanti, Sri (2023) Pengembangan Game Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak di Taman Kanak- Kanak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SRI_GUSMAYANTI_20330081_5883_2023.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam diri anak usia dini, karena pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang terdapat dalam ranah perkembangan kognitif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di TK Lillah diperoleh hasil rendahnya kemampuan pemecahan masalah anak yaitu sebesar 40% . Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan game Interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia dini yang valid, dan efektif.. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall, Gall hanya dilakukan 9 dari 10 tahapan yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, dan efektifitas. Berdasarkan identifikasi tujuan instruksional, maka dibutuhkan game interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan uji efektivitas kelas B1 diperoleh skor N-Gain 0,58 dan pada kelas B2 diperoleh skor N-Gain 0,52, hal ini menunjukkan bahwa pengembangan game interaktif efektif untuk meningkatkan pemecahan masalah anak di Taman Kanak-Kanak Lillah. Kemudian berdasarkan hasil paired samples t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000˂0.05 dengan a=0.05, artinya ada perbedaan nilai rata rata lebih tinggi antara nilai posttest dan pretest pemecahan masalah anak pada uji efektifitas yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan hasil uji kelas sedang dengan menggunakan game interaktif menunjukkan bahwa game interaktif efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GAME INTERAKTIF, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, ANAK TAMAN KANAK-KANAK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:53
Last Modified: 02 Feb 2024 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50365

Actions (login required)

View Item View Item