Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif di SDN 13 Lubuk Alung

Khairani, Annisa (2023) Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif di SDN 13 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ANNISA KHAIRANI_19329002_8462_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Kreativitas Guru PAI dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif di SDN 13 Lubuk Alung. Penelitian ini diangkat dari permasalahan siswa menganggap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam membosankan dan membuat jenuh, karena dianggap tidak penting. Kebosanan dalam belajar PAI tersebut disebabkan penggunaan metode yang sama secara terus-menerus, sehingga pembelajaran kurang menarik. Pembelajaran kurang menarik, disebabkan penggunaan media yang kurang tepat, sehingga membuat siswa jenuh. Kejenuhan siswa dalam belajar juga disebabkan sumber belajar yang hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif di SDN 13 Lubuk Alung. 2) kreativitas guru PAI dalam menggunakan media untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif di SDN 13 Lubuk Alung, 3) kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif di SDN 13 Lubuk Alung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru PAI, siswa kelas IV, guru kelas IV, petugas perpustakaan dan inventaris sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses reduksi, penyajian dan kesimpulan/verifikasi. Data yang diperoleh kemudian diuji keabsahannya dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekukan dan triangulasi teknik. Penelitian dilaksanakan di SDN 13 Lubuk Alung, kabupaten Agam. Hasil penelitian ini mennunjukkan bahwa: kreativitas guru PAI dalam menggunakan metode untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif di SDN 13 Lubuk Alung, yakni mengkombinasikan beberapa metode yang tepat saat proses belajar mengajar, kemudian ditambah dengan shalawat dan bernyanyi bersama. Kreativitas guru PAI dalam menggunakan media adalah dengan memanfaatkan berbagai media yang menujang dengan memvariasikan beberapa media seperti, poster, kertas karton, video, infokus, powerpoint, tempat berwudhu ketika praktek berwudhu serta ruang kelas sebagai tempat untuk praktek salat. Kreativitas guru PAI dalam menggunakan sumber belajar adalah dengan menggunakan beberapa sumber belajar, baik yang ada di sekolah maupun yang di luar da sumber belajar tidak hanya dari buku paket PAI, namun buku agama lain yang relevan juga digunakan, termasuk internet dan lingkungan sekitar melalui tugas yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:58
Last Modified: 02 Feb 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50360

Actions (login required)

View Item View Item