Perbandingan Penguasaan Kognitif Siswa Menggunakan Media Video Tutorial dengan Media Konvensional pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut.

Wardhana, Bayu Setya (2023) Perbandingan Penguasaan Kognitif Siswa Menggunakan Media Video Tutorial dengan Media Konvensional pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_BAYU_SETYA_WARDHANA_19067083_8803_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada SMK Negeri 1 Sumatera Barat masihmenekankan pada ceramah yang berlangsungsatuarah dan proses pemindahaninformasidari guru kepadasiswa yang menggunakan media papantulis, bukucetak, dan LKS. Sehingga di SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada pelajaran Teknik PemesinanBubut kelas XI, masihbanyaksiswa yang belummencapaihasilbelajarsecaramaksimal. Tujuan daripenilitian ini untuk mengetahuiperbandinganpenguasaankognitifsiswaantara media video tutorial dengan media konvensional. Penelitian ini menggunakanmetodeQuasi Eksperimen Design melaluidesainpenelitianpre-test dan post-test, subjekpenelitiansebanyak 59 orang, kelas eksperimanberjumlah 35 orang siswa dan kelas kontrolberjumlah 24 orang siswa. Berdasarkanhasilpenelitiannilaipre-testpenguasaankognitifsiswaadalah 51.17 kemudianmengalamipeningkatan pada post-testmenjadi 73.00 pada kelas eksperimen dan 59.83 pada kelas kontrol. Analisis uji statistikpaired sample t-testdidapatkannilai p = 0.000 (p < 0.05) pada kelas eksperimen, dan kelompokkontroldidapatkannilai p = 0.053 (p > 0.05) sehinggaterbukti media video tutorial lebihefektifdibanding media konvensional. Pada uji statistikindependent sampel t-testnilaipost-testmenunjukkannilai p = 0.000 (p > 0.05). Maka terdapatperbedaanhasilnilai post-test yang signifikanantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkanhasilpenelitian ini dapatdisimpulkan media video tutorial lebihefktif disbanding media konvensionaldalammeningkatkanpenguasaankognitifsiswa pada matapelajaran Teknik PemesinanBubut kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO TUTORIAL, BUBUT, MEDIA PEMEBELAJARAN.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:58
Last Modified: 02 Feb 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50359

Actions (login required)

View Item View Item