Wardhana, Bayu Setya
(2023)
Perbandingan Penguasaan Kognitif Siswa Menggunakan Media Video
Tutorial dengan Media Konvensional pada Mata Pelajaran Teknik
Pemesinan Bubut.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Proses pembelajaran pada SMK Negeri 1 Sumatera Barat masihmenekankan pada ceramah yang berlangsungsatuarah dan proses pemindahaninformasidari guru kepadasiswa yang menggunakan media papantulis, bukucetak, dan LKS. Sehingga di SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada pelajaran Teknik PemesinanBubut kelas XI, masihbanyaksiswa yang belummencapaihasilbelajarsecaramaksimal.
Tujuan daripenilitian ini untuk mengetahuiperbandinganpenguasaankognitifsiswaantara media video tutorial dengan media konvensional. Penelitian ini menggunakanmetodeQuasi Eksperimen Design melaluidesainpenelitianpre-test dan post-test, subjekpenelitiansebanyak 59 orang, kelas eksperimanberjumlah 35 orang siswa dan kelas kontrolberjumlah 24 orang siswa.
Berdasarkanhasilpenelitiannilaipre-testpenguasaankognitifsiswaadalah 51.17 kemudianmengalamipeningkatan pada post-testmenjadi 73.00 pada kelas eksperimen dan 59.83 pada kelas kontrol. Analisis uji statistikpaired sample t-testdidapatkannilai p = 0.000 (p < 0.05) pada kelas eksperimen, dan kelompokkontroldidapatkannilai p = 0.053 (p > 0.05) sehinggaterbukti media video tutorial lebihefektifdibanding media konvensional. Pada uji statistikindependent sampel t-testnilaipost-testmenunjukkannilai p = 0.000 (p > 0.05). Maka terdapatperbedaanhasilnilai post-test yang signifikanantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkanhasilpenelitian ini dapatdisimpulkan media video tutorial lebihefktif disbanding media konvensionaldalammeningkatkanpenguasaankognitifsiswa pada matapelajaran Teknik PemesinanBubut kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Actions (login required)
|
View Item |