Pengaruh Eksperimen Sains dan PenggunaanLoose Parts terhadap Berfikir KritisAnak di Taman Kanak-kanak Tanivo Ananda Kecamatan Kandis

Sumarseh, Sumarseh (2023) Pengaruh Eksperimen Sains dan PenggunaanLoose Parts terhadap Berfikir KritisAnak di Taman Kanak-kanak Tanivo Ananda Kecamatan Kandis. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SUMARSEH_20330084_6213_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh eksperimen sains dan menggunakan Loose Parts terhadap kemampuan Berfikir Kritis Anak di TK Tanivo Ananda Kecamatan Kandis. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain penelitian eksperimen menggunakan faktorial desain 2x2.Subjek penelitianberjumlah 40 Anak. Metode pengumpulan data menggunakan Pre Test-Post Testdengan alat penilaian Skala Likert, dokumentasi. Hasil penelitian eksperimen sains menunjukkan bahwa nilai Fhitung yang diperoleh yaitu sebesar 4.986 sedangkan Sig. pada derajat kebebasan (df) 1 dan alpha (a) 0.05 bernilai 0.038, maka sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis melalui analisis Varian (ANAVA), Sig lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh perkembangan Berfikir Kritis Anak yang signifikan dengan eksperimen sains. Hasil dari kegiatan menggunakan Loose Parts terhadap Berfikir Kritis pada Anak yaitu dengan nilai Fhitung yang diperoleh yaitu sebesar 6.122 sedangkan Sig. pada derajat kebebasan (df) 1 dan alpha (a) 0.05 bernilai 0.024, maka sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis melalui analisis varian (ANAVA), Sig lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan perkembangan Berfikir KritisAnak yang signifikan dengan Loose Parts.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Eksperimen Sains dan Penggunakan LooseParts pada Anak Usia Dini jika dilakukan dengan baik akan memberikan dampakpositif yang signifikan, lambat laun akan meningkatkan kemampuan berfikir logis dan kritis Anak secara bertahap. Anak juga akan belajar tentang sebab-akibat sejak Usia Dini, dimulai dengan pengenalan kegiatan pembelajaran eksperimen dan penggunakan LooseParts serta metode eksperimen sains dan penggunakan Loose Parts ini dapat membantu proses penalaran Anak saat memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaswinda, YaswindaUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSPERIMEN SAINS, LOOSE PARTS, BERFIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:58
Last Modified: 02 Feb 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50358

Actions (login required)

View Item View Item