Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Creative Problem Solving Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas III Sekolah Dasar

Hairani, Sunita (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Creative Problem Solving Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pro di Kelas III Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SUNITA_HAIRANI_20124037_6077_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 menuntut peserta didik untuk memiliki kompetensi berfikir kreatif dalam pemecahan masalah. Bahan ajar tematik terpadu yang berpusat pada peserta didik perlu disusun untuk merangsang perkembangan kemajuan berfikir peserta didik untuk menyelesaikan masalah dengan tepat. Permasalahan yang ditemukan menunjukkan bahwa proses pembelajaran perlu dioptimalkan dengan mengembangkan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berfikir peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu yang valid, praktis, dan efektif berbasis pendekatan Creative Problem Solving berbantuan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pro di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes tertulis. Analisis data menggunakan skala likert dengan melihat analisis validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil yang diperoleh dari pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis Creative Problem Solving berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pro di kelas III Sekolah Dasar yaitu persentase kevalidan sebesar 89,06% (Validasi Isi), 80% (Validasi Kegrafikaan), dan 83,3% (Validasi Bahasa). Praktikalitas dari respon guru diperoleh 83.39% (sangat praktis), sedangkan respon siswa sebesar 80.35% (praktis), dilihat dari hasil belajar siswa yakni diperoleh N-Gain Score sebesar 0,7146 (Tinggi) dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis Creative Problem Solving berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pro yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas III Sekolah Dasar dan dapat digunakan sesuai dengan lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DasyarniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR; KVISOFT FLIPBOOK MAKER PRO
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:26
Last Modified: 02 Feb 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50357

Actions (login required)

View Item View Item