Tindak Tutur Direktif Selebgram dalam Mempromosikan Barang dan Jasa dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Teks Iklan dan Slogan

Derita, Delvia (2023) Tindak Tutur Direktif Selebgram dalam Mempromosikan Barang dan Jasa dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Teks Iklan dan Slogan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DELVIA_DERITA_6811_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa oleh selebgram pada saat mempromosikan barang dan jasa yang dianggap dapat membantu peserta didik dalam merancang sebuah iklan dan slogan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tindak tutur direktif selebgram dalam mempromosikan barang dan jasa dan pemanfaatannya dalam pembelajaran teks iklan dan slogan dari aspek: (1) penggunaan jenis tindak tutur diretif, (2) penggunaan strategi bertutur, dan (3) pemanfaatan penggunaan tindak tutur direktif selebgram RV saat mempromosikan barang dan jasa dalam pembelajaran teks iklan dan slogan di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan selebgram RV saat mempromosikan barang dan jasa. Sumber datanya adalah akun instagram pribadi RV yang diambil dari postingan mulai dari November 2020 sampai November 2022. Pengumpulan data menggunakan teknik review media dengan cara mengunduh rekaman postingan promosi tersebut, lalu diidentifikasi dan diklasifikasi berdasarkan tujuan penelitian. Pengabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi, sedangkan pengolahan data dilakukan menggunakan tiga tahapan, yaitu tahap penganalisisan, tahap pembahasan, dan tahap penyimpulan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan tiga temuan penelitian. Pertama, ditemukan empat jenis tindak tutur direktif RV dalam mempromosikan barang dan jasa, yaitu tindak tutur menyarankan, tindak tutur menyuruh, tindak tutur menasihati, dan tindak tutur memohon. Kedua, ditemukan empat strategi bertutur RV dalam mempromosikan barang dan jasa, yaitu strategi bertutur terus terang dengan kesantunan negatif, strategi bertutur terus terang dengan kesantunan positif, strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, dan strategi bertutur samar-samar. Berdasarkan dua temuan tersebut bahwa tindak tutur direktif menyarankan lebih banyak digunakan dan strategi bertutur terus terang dengan kesantunan positif lebih dominan diplih oleh selebgram RV dalam mempromosikan barang dan jasa, mengindikasikan bahwa tuturan tersebut cenderung santun dan tepat digunakan dalam teks promosi, sehingga para pengguna/pembeli tidak merasa tertekan dan terpaksa untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Ketiga, dengan demikian, jenis dan strategi bertutur direktif seperti demikian dapat dijadikan sebagai media ajar dalam pembelajaran menulis teks iklan dan slogan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorManaf, Ngusman AbdulUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:58
Last Modified: 02 Feb 2024 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50351

Actions (login required)

View Item View Item