Analisis Penggunaan Piggyback Fuel adjuster Iqueteche Pada Sepeda Motor Fuel Injection Yamaha Vega Force 115 Cc Tahun 2014 Terhadap Performa Mesin Dan Pembukaan Injektor.

Zulfan, Aldi Tri Okta (2023) Analisis Penggunaan Piggyback Fuel adjuster Iqueteche Pada Sepeda Motor Fuel Injection Yamaha Vega Force 115 Cc Tahun 2014 Terhadap Performa Mesin Dan Pembukaan Injektor. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_ALDI_TRI_OKTA _ZULFAN_19073036_8774_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak masyarakat memodifikasi sepeda motor untuk meningkatkan peforma mesin yang sudah berkurang dan boros bahan bakar,salah satunya yaitu modifikasi penambahan piggyback yakni suatu alat yang memanipulasi ECU yang bertujuan untuk menambah tenaga kendaraan dan mengatur efisiensi penggunaan bahan bakar. Modifikasi penambahan piggyback dapat dilihat pengaruhnya terhadap sepeda motor dengan cara menganalisis pengaruhnya terhadap peforma mesin dan pembukaan injektor pada sepeda motor fuel injection yamaha vega force 115 cc tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan piggybackfuel adjuster iquteche terhadap torsi mesin, data mesin, emosi gas buang, dan juga pembukaan injektor yang dihasilkan oleh sepeda motor.Uji daya dan torsi mesin dilakukan pada variasi 5%, 10%, 15% dan variasi menghitung gas buang juga 5%, 10%, 15%, serta variasi pembukaan injektor dengan 5%, 10%, 15%. Hasil PenelitianmenunjukkanpenggunaanPiggybackfuel adjusterterdapatperubahan pada emisi gas buangyaitupenurunanterbesar emisi gas buang CO dan HC putaran idle pada variasi 10% sebesar 35, 11% dan 20, 55%, putaran torsi maksimum pada 15% sebesar 69, 13% dan 52, 92%, putarandayamaksimum pada variasi 15% juga sebesar 71, 01% dan 75, 62%. Peningkatan CO2 putaran idle, torsi maksimum, dan dayamaksimum pada variasi 15% sebesar 36, 82%, 9, 76% dan 44, 87%..Peningkatan daya terbesar pada variasi 15% sebesar 5, 10%, peningkatan torsi terbesarpada variasi 10%sebesar 4, 34%. Sedangkanpembukaaninjektorterbesarvariasi 15% saatputaran idle sebesar 13, 46 jikadibandingakndengankondisistandar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SEPEDA MOTOR, EMOSI GAS BUANG, PEMBUKAAN INJEKTOR
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:14
Last Modified: 01 Feb 2024 06:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50336

Actions (login required)

View Item View Item