Analyzing Students’ Difficulty in Answering Reading Comprehension Questions on Analytical Exposition Text by the Eleventh-Grade Students of SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Apriani, Wiwid (2023) Analyzing Students’ Difficulty in Answering Reading Comprehension Questions on Analytical Exposition Text by the Eleventh-Grade Students of SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WIWID_APRIANI_16018071_6061_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan siswa dalam menjawabpertanyaan pemahaman bacaan pada Teks Eksposisi Analitis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh 154 siswa kelas sebelas di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode pengambilan sampel acak berkelompok. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman bacaan dan wawancara dengan 29 siswa di kelas XIC. Tes bacaan terdiri dari 30 pertanyaan yang dibagi menjadi 25 item pilihan ganda dan 5 esai. Data dianalisis dengan merujuk pada Kompetensi Dasar (KD) dalam Silabus Kurikulum 2013 untuk siswa kelas sebelas. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap teks eksposisi analitis dikategorikan rendah dan kesulitan siswa sedang. Hal ini terbukti dengan 66.37% siswa mengalami kesulitan dalam memahami unsur struktur teks,65.52% dalam memahami fungsi sosial, dan 64.36% dalam memahami informasi faktual/spesifik. Sedangkan melalui wawancara, ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan siswa; (1) mereka kurang tertarik membaca teks yang panjang, (2) mereka memiliki waktu terbatas dalam menjawab pertanyaan, (3) mereka juga tidak memiliki pengetahuan dasar tentang teks itu sendiri sehingga mereka tidak mengetahui fungsi sosial, unsur struktur, dan tatanan bahasa dari teks eksposisi analitis tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaim, M.UNSPECIFIED
CorrectorZainil, YettiUNSPECIFIED
CorrectorRatmanida, RatmanidaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:13
Last Modified: 01 Feb 2024 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50332

Actions (login required)

View Item View Item